-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Gempa Literasi DBI di Lampung, Juli Mendatang

INILAMPUNG
Kamis, 17 Juni 2021

Gempa Literasi Lampung akan digelar Juli 2021 (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Gempa literasi akan berlangsung di Provinsi Lampung, 24-31 Juli mendatang.

Tak tangung-tanggung, enam kabupaten di daerah ini bakal dikunjungi Duta Baca Indonesia (DBI) Gola Gong, yang dikenal pegiat literasi di Rumah Dunia dan penulis novel "Balada si Roy".

Menurut Gunawan Handoko, salah seorang inisiasi kehadiran DBI Golagong, setelah menunggu sekian lama, akhirnya Gola Gong bersedia datang ke Lampung. 

Kehadiran Gola atas bujuk rayu yang tiada henti dari anggota DPRD Provinsi Lampung dan pegiat literasi dengan Mobil Baca Ade, Ade Utami Ibnu. Lalu relawan Forum Literasi Lampung cum dosen di Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Eni Amaliah. 

"Sehingga Gola Gong mau memenuhi permintaan para Pegiat dan Relawan Literasi," ujar Gunawan yang akrab disapa Pakde itu.

Persiapan sudah dilakukan untuk membentuk panitia sekaligus menentukan kabupaten/kota yang akan diguncang Gempa Literasi. 

Hal itu, kata Pakde, mengingat waktu road show yang sangat terbatas. "Sudah 2 kali pertemuan, dan para pegiat literasi sepakat menyambut kunjungan DBI dan dari Perpusnas RI," imbuh Pakde.

Alhamdulillah, masih kata dia, atas kebesaran jiwa para Pegiat dan relawan Literasi dari 15 kabupaten/kota yang hadir, maka disepakati 6 Kabupaten/Kota yang bakal dikunjungi oleh Gola Gong, yakni Kabupaten Tulangbawang Barat, Kota Metro,  Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesisir Barat, dan Lota Bandar Lampung.

Ade Utami menambahkan, kabutan lain yang tak masuk bukan berarti tidak terlibat. "Tapi bergabung dengan kabupaten terdekat," ujarnya.

Misal, Ade memberi contoh, pegiat literasi Lampung Utara, Mesuji, dan Tuba bisa hadir di Tubaba.

Hadir pada rapat kedua di RM Inspirasi Corner, Rabu (16/6) di antaranya, Paus Sastra Lampung  Isbedy Stiawan ZS, Dr. Lela Maharani, Sumarno, dan semua sahabat dari 15 kabupaten/kota yakni Lampung Tengah, Metro, Pesibar, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Selatan.

Kegiatan "Gempa Literasi" oleh Gola Gong di Lampung meliputi Seminar Literasi, Pelatihan Menulis, Musikalisasi Puisi, Baca Puisi, Hibah Buku untuk Taman Bacaan dan Membuat Alat Peraga Dongeng dari kardus bekas.

Sedikit tentang Gola Gong yang punya nama asli Heri Hendrayana Harris. Dia seorang Disabilitas Daksa yang sukses dalam berkarir di dunia sastra. 

Selain seorang sastrawan Indonesia, juga pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten, hingga ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM).(bdy/inilampung)

LIPSUS