Cari Berita

Breaking News

Kader PMII Ibarat Sirup, Bisa Mewarnai Kiprahnya di Masyarakat

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Selasa, 22 Juni 2021

INILAMPUNGCOM - Kader dan anggota Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Lampung harus mampu mewarnai  pengabdiannya ditengah-tengah masyarakat.

"Alumni dan kader PMII harus seperti sirup, karena warna apapun dari sirup, apabila diteteskan didalam gelas maka gelas itu akan berubah warnanya mengikuti warna sirup," ujar Ketua Wilayah IKA PMII Lampung, H. Noverisman Subing  dalam acara pembukaan Muscab Pertama IKA PMII Pesisir Barat, di Hotel Sunset Krui Selasa (22-06-2021).

Dalam posisi dan jabatan apa saja yang diemban oleh para alumni  PMII  peran aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai usaha menjalankan dakwah Islamiyah dan amar ma’ruf nahi munkar, dengan tetap berpegang teguh pada ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang meyakini Islam sebagai sumber kesadaran akan makna, hakekat dan tujuan hidup manusia demi terwujudnya kemaslahatan umat serta tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan yang menjadi cita-cita masyarakat dan bangsa Indonesia.

Acara yang dihadiri Agus Istiqlal, selaku Bupati Pesisir Barat, Nover menyebut, PMII adalah wadah berhimpunnya para pemikiran muda.

Alumni PMII tersebar diperbaiki bidang,  ada guru, dosen, ulama, birokrat, politisi, dan Wiraswasta yang sebagian sudah menduduki jabatan strategis. Dia menyebut, Chusnunia, Wakil Gubernur Lampung, dan Prof. Mukrie, Rektor UIN Raden Intan, adalah alumni PMII.

Lalu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Rektor UNU, Rektor IAIN Jurai Siwo Metro, Rektor IAIM NU Metro, Wakil Bupati Tanggamus, Wakil Bupati Pringsewu.

Melalui forum itu, ia mengingatkan  seluruh alumni PMII khususnya yang ada di Pesisir Barat ini bahwa dimanapun dan diposisi apapun sahabat mengabdi,  bahwa menjaga keutuhan NKRI adalah harga mati, karena bagi kita warga pergerakan mencintai tanah air adalah bagian dari keimanan kita atau yang lebih popular dengan istilah hubbul waton minal iman.  Tidak ada tempat dalam IKA PMII bagi kader-kader PMII yang mendukung gerakan-gerakan pelemahan nilai kebangsaan dan keagamaan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang selalu berusaha untuk menjaga tradisi baik yang telah tumbuh dan mengakar didalam masyarakat kita dengan tetap responsive akan moderenisasi sebagai sebuah keniscayaan.  

Sebagai konsekuensi dari sikap ini, politisi PKB Lampung  itu mengharapkan  keluwes dan fleksibel dalam bergaul dan siap bekerjasama dengan siapa saja komponen bangsa ini yang sejalan dengan cita-cita dan semangat tersebut.  Kader PMII harus bersinergi dengan seluruh kekuatan masyarakat yang ada untuk membangun dan memajukan daerahnya termasuk tentunya di Kabupaten Pesisir Barat ini.

Kabupaten Pesisir Barat, sebagai kabupaten termuda di Provinsi Lampung harus mampu mensinergikan seluruh kekuatan dan potensi yang ada di daerah ini untuk bahu membahu, bergandengan tangan membangun kabupaten ini guna mengejar ketertinggalannya dari kabupaten lain yang telah lebih dahulu maju.  Dan saya minta kader maupun alumni PMII yang ada di Pesisir Barat ini untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membangun daerah ini.  Saya yakin dengan seluruh potensi yang dimiliki, kabupaten ini tidak terlalu lama akan mampu mengejar ketertinggalannya dari daerah lain.    

Dan kepada bapak Bupati saya titip adek-adek saya yang ada ini dan silahkan diberdayakan sesuai dengan kemampuan dan potensi mereka, kata anggota DPRD Lampung itu. (*)

LIPSUS