Cari Berita

Breaking News

Kongres II Satupena Menuju Penulis Berdaya

INILAMPUNG
Senin, 14 Juni 2021
Views

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Asosiasi atau perkumpulan penulis seluruh Indonesia, SATUPENA, akan menggelar Kongres yang kedua, 15-16 Agustus 2021 mendatang.

Kongres yang digelar ini akan diikuti ratusan penulis dari seluruh Indonesia. 

"Digelar secara daring dan melibatkan banyak penulis terkemuka dari beragam genre," kata ketua Kongres II SATUPENA, Mike Susanto, Senin (14/6/2021).

Tujuan dari kongres ini sebagai bagian dari upaya memajukan edukasi dan literasi nasional secara bersama-sama. 

Dalam kongres ini panitia menetapkan tema “Kemerdekaan Literasi”.

Menurut Ketua Kongres, Mikke Susanto, tema kongres ini tujuannya untuk membantu memasyarakatkan dunia literasi, agar publik semakin cinta terhadap ilmu pengetahuan dan literasi. 

“Kemerdekaan Literasi,”imbuh dia, diketengahkan juga karena dilatari oleh hal yang kontekstual dan memiliki tujuan bersama.

Pertama, untuk memperbaiki ekosistem literasi dan kepenulisan di tanah air menjadi alasan dan dasar dalam kongres ini. Dari masalah pajak, pembajakan, persekusi, isu sosial budaya politik, sampai pelarangan buku misalnya. Persoalan ini sampai saekarng belum dianggap sebagai masalah penting oleh negara. Padahal cukup menghambat kemajuan pendidikan dan pendewasaan masayarakat.

Kedua, topik ini juga paralel dengan isu “Merdeka Belajar” yang tengah digulirkan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Isu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terkait belajar melalui para ahli, maestro maupun penulis yang telah berpengalaman adalah bagian yang perlu diteruskan. 

"Penulis dari beragam genre perlu dilihat sebagai entitas penting dalam Merdeka Belajar," ucapnya. 

Melalui kongres ini, Satupena akan turut melakukan perjuangan bersama lembaga lainnya dalam mengentaskan ketertinggalan bidang literasi di seluruh Indonesia. Lembaga semacam perpustakaan, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya yang memiliki visi yang sama.

Terakhir tentu tidak melupakan tujuan yang penting, yakni kesejahteraan penulis. Kesejahteraan bagi penulis, terutama anggota SATUPENA dalam memerdekakan diri di saat menghadapi persoalan finansial dan idealisme dalam berkarya harus didukung bersama-sama.

"Sehingga penulis akan jauh lebih berdaya di mata masyarakat," jelas Mikke Susanto. 

Narahubung untuk program ini adalah Arti Ahmad di kontak person +62857-4098-9840. (bdy/zal/inilampung)

LIPSUS