Cari Berita

Breaking News

HKTI Ajak Masyarakat Wujudkan Kepedulian Sosial dengan Berkurban

INILAMPUNG
Minggu, 18 Juli 2021

Ketu HKTI Lampung Umar Ahmad (berbaju batik) secara simbolig menyerahkan hewan kurban kepada Ketua NU Lampung Muhammad Mukri.


INILAMPUNG, Bandarlampung - Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung Umar Ahmad mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian sosial di tengah pandemi Covid-19.


Ajakan itu disampaikan Umar saat menyerahkan dua ekor sapi kurban dari HKTI Lampung kepada Nahdatul Ulama atau NU dan Muhammadiyah di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan di Sukarame, Bandarlampung, Ahad 18 Juli 2021.


Hewan tersebut secara simbolis diserahkan Umar kepada Ketua NU Lampung Mohammad Mukri dan Ketua Muhammadiyah Lampung Marzuki Noor. 


Menurut Umar, pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Termasuk di sektor ekonomi. Banyak warga, terutama dari kalangan kurang mampu, makin kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat pandemi.


Kondisi seperti itu sudah seharusnya menggugah rasa kepedulian dan kebersamaan masyarakat untuk bergotong-royong membantu meringankan beban mereka. 


Pada bulan ini dalam kalender Hijriah, Zulhijjah, merupakan bulan yang mulia bagi umat Muslim. Di seluruh dunia, dua hari lagi merayakan Idul Adha. Dengan keutamaan beribadah berupa menyembelih hewan kurban.


Karena itu, Umar mengajak umat Islam memanfaatkan kesempatan baik itu untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan menyalurkan daging kurban kepada masyarakat yang kurang mampu.


Kepedulian tersebut diharapkan dapat sedikit meringankan atau mengurangi beban berat yang ditanggung masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang sulit saat ini.


"Jika perlu, daging korban kita kirim ke berbagai pelosok desa agar distribusi daging kurban tidak hanya terpusat di perkotaan," ajak Umar.


Dia berharap, kepedulian sosial melalui ibadah kurban juga menjadi sarana amal baik yang dapat mengetuk pintu rahmat dan keberkahan dari Allah. Sehingga pandemi Covid-19 segera berakhir dan kehidupan kembali normal. (mfn/rls/inilampung.com)

LIPSUS