Cari Berita

Breaking News

Pemilihan Peratin Serentak di Pesibar Berlangsung Lancar

INILAMPUNG
Jumat, 30 Juli 2021

Pemilihan peratin -kepala pekon-- serentak di enam pekon di Pesisir Barat.

INILAMPUNG, Krui – Pelaksanaan pemilihan peratin (pilratin) serentak enam pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Kamis 29 Juli 2021, berjalan lancar dengan pengawalan tim gabungan dari TNI-Polri dan jajaran Pemkab Pesibar.


Plt. Kadis PMP Pesibar, Edwin Kastolani Burtha, mengatakan pelaksanaan pilratin serentak berjalan lancar, tertib, dan aman, masyarakat terlihat antusias menyalurkan hak pilih dipekonnya masing-masing.


“Pilratin serentak di Kabupaten Pesibar hari ini berjalan lancar, tertib dan aman. Pantauan di lapangan masyarakat antusias mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilih,” kata dia.


Dijelaskannya, pilratin serentak itu mendapatkan pengawalan ketat dari jajaran TNI dan Polri serta Pemerintah Kabupaten Pesbar, seperti Satpol-PP dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya.


“Alhamdulillah, pelaksanaan Pilratin berjalan dengan tertib, mulai dari pelaksanaan pemilihan hingga proses penghitungan suara masyarakat tetap tertib meski banyak warga yang datang ke TPS,” jelasnya.


Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilratin serentak itu, pihaknya telah menekankan agar seluruh panitia Pilratin lebih maksimal dalam menerapkan protokol kesehatan, seluruh perlengkapan yang dibutuhkan agar segera disiapkan.


“Seluruh panitia Pilratin telah kita minta agar menyiapkan fasilitas pendukung di TPS, seperti masker, arung tangan pelastik, tempat cuci tangan dan kebutuhan protokol kesehatan lainnya,” ujarnya.


Dijelaskannya, pelaksanaan Pilratin serentak yang dilaksanakan hari ini, merupakan Pilratin yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu,  karena pandemi Covid-19 maka ditunda dan dilaksanakan ada tahun ini.


“Enam Pekon yang melaksanakan Pilratin itu terdiri dari tiga Pekon di Kecamatan Pulau Pisang, dua Pekon di Kecamatan Pesisir Utara dan satu pekon di Kecamatan Lemong,” terangnya.


Sementara itu, hasil pelaksanaan Pilratin di Kecamatan Pesisir Utara, Pekon Balam, berhasil dimenangkan oleh Rizoni Aryen dengan perolehan 241 suara kemudian Irwansyah dengan perolehan 156 suara. Pekon Batu Raja dimenangkan oleh Edwarlin Z dengan perolahan 169 suara, di susul Martudi 168 Suara dan Aria Efendi 114 suara.


Di Kecamatan Pulau Pisang, Pekon Sukadana dimenangkan oleh Markoni dengan perolehan 100 suara kemudian Mey Muyandri 71 suara. Pekon Pasar Pulau Pisang di menangkan Herdiawansyah dengan perolehan suara 239, disusul Willi Gustam 114 Suara, kemudian Susiawan 44 suara dan Irian Hidari 23 suara. Pekon Sukamarga dimenangkan Riko Wulianwar dengan perolehan 36 suara kemudian Edi Rianto dengan 28 suara.


Lalu di Kecamatan Lemong, Pekon Pardahaga dimenangkan oleh Rodi Rawando dengan perolehan 169 suara, kemudian Alamsyah 165 suara dan Muhammad Tolib 118 suara. (Eva/inilampung.com).

LIPSUS