Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat akan Jadikan Makam Gajah Mada Objek Wisata Sejarah

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Selasa, 27 Juli 2021

Makam Patih Gajah Mada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, akan dijadikan objek wisata sejarah.

INILAMPUNG, Krui -  Pemkab Pesisir Barat Provinsi Lampung akan mengembangkan objek wisata sejarah makam Patih Gajah Mada yang terletak di Pekon Kerbang Langgar, Kecamatan Pesisir Utara. 


Menurut Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, pada saat ini pemkab sudah membangun jalan rabat beton menuju makam Patih Gajah Mada dengan mengalokasikan anggaran Rp198,4 juta.


"Fasilitas lain akan dilengkapi secara bertahap, seperti toilet, penginapan, dan pusat kuliner," kata Agus saat mengunjungi makam Gajah Mada bersama sejumlah pejabat Pesisir Barat, Selasa, 27 Juli 2021.


Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, kata Agus, diharapkan makam Patih Gajah Mada akan menarik minat wisatawan berkunjung ke Pesisir Barat.


Jalan menuju makam Patih Gajah Mada di Pesisir Barat sudah dibeton.

Pada kesempatan itu, Agus beserta rombongan berkunjung ke ahli waris keturunan ke-17 Gajah Mada, Ahmad Saunan dan Kurdinata di Pekon Negeriratu Kecamatan Pesisir Utara. 


Bapati melihat benda-benda peninggalan Patih Gajah Mada berupa perkakas rumah tangga dan senjata perang. Di antara benda tersebut ada yang memuat tulisan Jawa kuno dan tulisan Arab lafadz "Laailaaha illallah".


Berdasarkan bukti tersebut para ahli waris meyakini bahwa Patih Gajah Mada adalah orang Muslim. 


Terakhir, Bupati Pesisir Barat menyampaikan dalam waktu dekat pemkab akan studi banding ke daerah Jawa Tengah untuk mempelajari bentuk makam panglima perang yang ada di Jawab. Mengingat Gajah Mada adalah orang Jawa. Hasil kunjungan akan diterapkan di makam Gajah Mada yang ada di Pesisir Barat.


Turut mendampingi bupati, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, Kadis PUPR Jalaluddin, Kadis Perizinan Jon Edwar, Plt Kadis Pendidikan dan kebudayaan Sudibyo, dan Plt Kadis Kominfo Miswandi Hasan. (eva/inilampung.com)


LIPSUS