Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat, Negeri Para Sai Batin dan Ulama

INILAMPUNG
Jumat, 16 Juli 2021

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama kepala BPS Lampung Barat yang baru dan lama.


INILAMPUNG, Krui - Di tengah budaya modern saat ini, masyarakat Kabupaten Pesisir Barat masih mempertahankan budaya dan adat istiadat mereka.


Kondisi itu tidak terlepas dari peran 16 sai batin atau pemimpin adat yang ada di Pesisir Barat. Selain itu, di wilayah paling ujung Provinsi Lampung, itu juga tempat lahirnya sejumlah ahli agama Islam atau ulama.


Karena itu, Pesisisr Barat disebut juga dengan Negeri Para Sai Batin dan Ulama.


Menurut Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, budaya masyarakat adat di Pesisir Barat masih berkembang dan dilaksanakan oleh masyarakat.


Hal itu disampaikan Agus Istiqlal saat menerima rombongan pejabat baru Kepala Badan Pusat Statistik Lampung Barat, Nasrullah Arsyad. Sekaligus pamitan pejabat lama, Amiruddin.


Pertemuan berlangsung di Lamban Ramdo Gunung Kemala, Kamis 15 Juli 2021. Bupati Pesisir Barat didampigi Plt. Kadis Kominfo Miswandi Hasan.


Selanjutnya, Agus menjelaskan garis keturunan keningratan di Pesisir Barat, masih berlangsung seperti halnya di Pulau Jawa. Menjadi sai batin di Kabupaten Pesisir Barat tidak bisa diperjualbelikan, tetapi berdasarkan garis keturunan.


Sementara tentang julukan Negeri Para Ulama, kata dia, berdasarkan fakta sejarah, banyaknya pejuang Islam  dan tokoh agama atau ulama yang lahir dari Kabupaten Pesisir Barat. Salah satu ulama yang dikenal yaitu KH. Muhammad Thohir yang saat ini menjadi nama rumah sakit daerah setempat.


Selanjutnya dia menjelaskan tentang Bandara Taufiq Kiemas. Nama ini berasal dari tokoh nasional, Taufiq Kiemas kelahiran Pulaupisang, Pesisir Barat. 


Puan Maharani, putri Taufik Kiemas, beberapa waktu lalu, meresmikan bandara tersebut sekaligus napak tilas dan berziarah ke makan leluhur di Pulaupisang. Pada saat itu, Puan mendapatkan gelar kehormatan Kaka Ratu Kartadilaga. 


Selain itu, Puan Maharani, ketua DPR RI saat ini, merupakan putri Presiden kelima, Megawati Soekarno Putri. 


Sementara Megawati merupakan anak kandung Fatmawati yang lahir di Krui. "Pada saat itu Krui adalah eks Kewedanaan Bengkulen," jelasnya. 


Dalam kunjungan itu, Puan juga membantu pendirian Masjid Agung Sukarno yang akan didirikan di kompleks perkantoran Kabupaten Pesisir Barat. 


Tokoh nasional lain yang berasal dari Krui Pesisir Barat, adalah ibunda mantan wakil presiden Adam Malik. Jadi, kata Agus, secara sosiologis, Pesisir Barat tempat lahir orang-orang besar dan orang-orang penting di Indonesia.


Pada bagian lain, dia menyampaikan harapan masyarakat Peisisr Barat terhadap BPS. Pemkab setempat sudah menyiapkan lahan untuk kantor BPS. (eva/inilampung.com)


LIPSUS