Cari Berita

Breaking News

PMI Pringsewu akan Fasilitasi Pendonor Plasma Konvalesen

INILAMPUNG
Minggu, 25 Juli 2021

Ketua PMI Pringsewu Fauzi bersama warga pendonor plasma konvalesen.

INILAMPUNG, Pringsewu - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu meminta masyarakat berdonor plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19.


"Warga Pringsewu yang mendonorkan plasma konvalesen akan kami antar dan jemput pada proses donor di PMI Provinsi Lampung di Bandarlampung," kata Ketua PMI Pringsewu Fauzi.


Selain itu, untuk memotivasi warga Pringsewu, bagi 100 orang yang mendonorkan plasma konvalesen, juga akan dibantu untuk kebutuhan vitamin senilai Rp250 ribu perorang, terang Fauzi yang juga Wakil Bupati Pringsewu. 



Untuk itu, dia mengajak para penyintas atau orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk dapat mendonorkan plasma konvalesen untuk menolong mereka yang sedang terpapar Covid-19.


Warga bisa mendaftarkan diri ke Sekretariat PMI Kabupaten Pringsewu di Pekon Tambahrejo, Kecamatan Gadingrejo tiap hari pada jam kerja, mulai pukul 09.00 hingga selesai, kecuali Sabtu dan Minggu.


"Atau bisa kontak person atas nama Junaidi (0821-8466-5138), Andoyo (0822-6925-8355) dan Niken (0823-7537-8929)," jelasnya.


Bahkan untuk memulainya, Wabup Pringsewu Fauzi beserta istinya, Rita Irviani memberi contoh dengan telebih dulu mendonorkan konvalesen-nya, pekan lalu.


Ketua PMI Pringsewu memaparkan, bagi mereka yang akan menjadi pendonor plasma konvalesen, harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti status kesembuhannya paling cepat dua pekan dan paling lama enam bulan sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19. 


Juga yang utama seorang pria. Jika wanita, dipastikan belum pernah hamil. Serta dalam kondisi sehat, dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dokter secara komprehensif. 


"Perlu diketahui bahwa untuk donor plasma konvalesen bisa dilakukan secara berulang dengan jarak waktu dua minggu dari saat melakukan donor yang pertama," jelasnya.


Ketua PMI Fauzi menambahkan, dengan pemberian plasma konvalesen (plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang di dalamnya terdapat antibodi terhadap virus Covid-19) ini,  pasien penerima plasma bisa mendapat kekebalan secara instan sehingga dapat mempercepat penyembuhan Covid-19.


Bahkan, untuk donor plasma konvalesen ini, Ketua PMI Fauzi bukan hanya mengajak, tetapi dia juga telah membuktikan dengan memberikan contoh kepada masyarakat, yakni dengan mendonorkan plasma konvalesen-nya langsung di Unit Transfusi Darah (UTD) Pembina PMI Provinsi Lampung beberapa waktu lalu. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS