Cari Berita

Breaking News

TPS di Pringsewu Produksi Kompos Kemasan

INILAMPUNG
Jumat, 16 Juli 2021

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menunjukan kemasan pupuk Kompos produksi TPS3R Pringsewu Barat.


INILAMPUNG, Pringsewu - Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Jejama Secancanan di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu memproduksi pupuk kompos. 


Kompos dalam kemasan kantong produksi TPS3R Jejama Secancanan ini, tersedia dalam ukuran 5 dan 10 kg yang dijual dengan harga Rp1,000 perkilogram.


Menurut Ketua TPS3R Jejama Secancanan Lukman Riyadi, Kamis (15-7-2021), dalam sehari pihaknya rata-rata memproduksi 25 hingga 50 kg. Pupuk itu, saat ini, didistribusikan ke kelompok wanita tani (KWT) di Pringsewu.  


Namun demikian, bagi masyarakat Pringsewu yang membutuhkan pupuk kompos kemasan ini, dapat memperolehnya di TPS3R di Jln. Tani Raya Kelurahan Pringsewu Barat.


Lukman Riyadi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu dapat mendukung serta membantu, terutama dalam memperluas pendistribusian atau pemasaran. "Saya mohon terus dibimbing dan dibina dari Pemkab Pringsewu,"harapnya.


Lukman  menjelaskan manfaat penggunaan pupuk kompos tersebut, diantaranya dapat menjaga kualitas air dan tanah serta memperbaiki struktur dan kesuburan tanah. 


Selain itu, kompos dapat menyediakan hormon dan vitamin yang sangat dibutuhkan tanaman, meningkatkan aktifitas mikroba di dalam tanah, sebagai sumber hara, membuat tanah lebih gembur, serta dapat menetralkan tanah yang masam.


Juga dapat diberikan kepada semua tanaman, baik tanaman pertanian, sayur-sayuran, buah-buahan, hortikultura, tanaman perkebunan, tanaman hias dan lain sebagainya. "Tanaman yang diberi pupuk kompos akan tumbuh lebih subur, serta sangat praktis karena dalam bentuk kemasan siap pakai," ucap Lukman Riyadi. (tyo/inilampung.com)

LIPSUS