Cari Berita

Breaking News

Airlangga Dialog Dengan Petani di Kalimantan Selatan

INILAMPUNG
Minggu, 22 Agustus 2021



INILAMPUNG.COM, Banjarbaru - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  berkunjung ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (20/8/2021). Kedatangannya untuk meninjau pertanian  komoditas tanaman hortikultura sekaligus bertemu dengan para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin.


Menko Airlangga mengatakan, selama pandemi tahun 2020-2021, sektor pertanian tercatat mampu bertahan dan tumbuh positif. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada tahun 2020 tercatat sebesar 1,75 persen dan pada triwulan I tahun 2021 sebesar 2,95 persen. 


Dalam dialog bersama petani terungkap, semua hasil panen dari luas lahan tanaman sebesar 28 hektare dibeli Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dengan harga di atas pasar. Tujuannya untuk membantu pemasaran hasil panen para petani, terutama di masa pandemi vovid 19. 


Hasil panen yang telah dibeli ini kemudian didistribusikan ke masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) Covid-19. 


"Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan karena tanggap dan betul-betul hadir membantu petani. Apalagi, hasil panennya pun disumbangkan kepada masyarakat yang sedang isoman untuk berjuang pulih dan membutuhkan asupan gizi yang cukup,” kata Airlangga yang juga ikut memanen bersama petani, Jumat (20/8/2021).


Menko Airlangga pun terus mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu perhatian utama pemerintah daerahbsetempat. Selain itu menegaskan sektor pertanian merupakan salah satu sektor esensial untuk menjaga bangsa dan negara.


“Terutama di masa pandemi seperti ini, saya berharap agar program-program di sektor pertanian terus dioptimalkan implementasinya, terutama dalam hal menyejahterakan petani,” kata Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).


Dia meyakini, dengan sinergi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat, Indonesia bisa segera keluar dari pandemi Covid-19, sekaligus memulihkan ekonomi.


Kegiatan dialog dengan para petani ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menko Perekonomian ke Kalsel.


Sebelumnya Menko juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Hasanuddin, melihat fasilitas isolasi terpusat di Balai 


Pelatihan Kesehatan Kalsel. Kemudian meninjau desa percontohan penerapan protokol kesehatan di Citra Garden City Sungai Ulin.


Selain itu juga memimpin rapat koordinasi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Kalsel. (rls/inilampung)

LIPSUS