Cari Berita

Breaking News

Menjadikan Pramuka Pilihan Organisasi Anak Bangsa

INILAMPUNG
Senin, 23 Agustus 2021

Chusnunia Chalim, Wagub Lampung (ist)


INILAMPUNG.COM, Bandarlampung -
Gerakan Pramuka Kota Metro menggelar Musyarawah Cabang IV, melalui virtual,  Minggu, 22 Agustus 2021.


Acara tersebut dibuka Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, yang saat ini pegang posisi Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Lampung.


Dalam sambutan, Chusnunia Chalim menyebut,  disamping memilih ketua baru, Musyawarah Cabang IV merupakan ajang evaluasi, dan menyusun program untuk jangka waktu lima tahun depan.


"Kita harus mampu memilih figur ketua yang terbaik, mengerti, dan memahami isi hati temen-temen Pramuka di kota Metro," kata ibu muda yang sebentar lagi punya momongan itu.


Oleh karena itu, lanjut wagub, Muscab IV Pramuka kali ini, adalah wujud dari proses strategis dalam  memperkuat kepemimpinan, organisasi dan manajemen kwartir yang berkesinambungan.


Muscab merupakan mekanisme pergantian pengurus Majelis Pembimbing dan Kwartir Cabang sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.


“Program revitalisasi gerakan Pramuka agar dilaksanakan secara menyeluruh, sehingga kedepan kita harus dapat mewujudkan Gerakan Pramuka menjadi satu-satunya organisasi pilihan bagi anak-anak bangsa,” dia menjelaskan.


Pemprov Lampung, lanjut Chusnunia, juga berharap ke depan  dukungan serta bantuan partisipasi kepada gerakan Pramuka untuk terus ditingkatkan.


Tantangan bagi Ketua Kwarcab Terpilih untuk Menjadikan Gerakan Pramuka sebagai perekat bangsa ditengah situasi pandemi covid-19 yang masih berlangsung serta menjadi garda terdepan dalam membantu dan mendukung program pemerintah terutama dalam hal penanggulangan covid-19 dan meningkatkan minat generasi muda kepada Gerakan Pramuka agar dapat lebih berkembang.


Sementara  Walikota Metro Wahdi Sirajudin, selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka, mengatakan bahwa Muscab merupakan agenda penting di akhir kepengurusan.


Muscab merupakan agenda tertinggi dalam suatu organisasi untuk menyusun agenda 5 tahun kedepan. "Saya berharap peserta dapat berperan secara aktif, sehingga program kerja betul betul mengutamakan kepentingan pembangunan Kota Metro,” ujarnya.


Yang diharapkan Wahdi,  pengurus baru yang terpilih, lebih mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi dan golongan.


“Kita tunjukan pramuka dapat menjadi tolok ukur dalam proses pembangunan guna mendukung terwujudnya visi misi kota Metro,” ujar walikota yang menang Pilkada 2020 dari calon independen itu.


Chusnunia, akrab disapa mbak Nunik itu merupakan ketua kwarda pramuka pertama untuk tingkat provinsi di Lampung.


Dia terpilih aklamasi sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Lampung Masa Bakti 2020-2025 dalam Musyawarah Daerah (Musda) XV Tahun 2020 di Balai Keratun Lantai III komplek kantor Gubernur Lampung, Selasa, 22 Desember 2020. 


SK kepengurusanya, bernomor: 09/MUSDA-XV/2020 tentang Ketua Kwartir Daerah Provinsi Lampung Terpilih Masa Bakti 2020-2025. Di surat itu tertera kalimat,   memutuskan, menetapkan dan mengesahkan Chusnunia Chalim sebagai Ketua. (dbs/rls/inilampung)

LIPSUS