Cari Berita

Breaking News

Bupati Pesisir Barat Lantik Lima Perantin

INILAMPUNG
Rabu, 22 September 2021

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal melantik lima peratin hasil pilratin serentak.
 

INILAMPUNG, Krui - Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, melantik lima peratin hasil pemilihan peratin (pilratin) serentak pada 29 Juli 2021, Rabu (22-9-2021) di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah.


Kelima peratin tersebut, Edwarlin Z, Peratin Pekon Baturaja Kecamatan Pesisir Utara. Herdiawansyah Peratin Pekon Pasar Pulaupisang Kecamatan Pulaupisang.


Kemudina, Markoni, Peratin Pekon Sukadana Kecamatan Pulaupisang. Welianwar, Peratin Pekon Sukamarga Kecamatan Pulaupisang. Dan, 

Rizoni Aryen, Peratin Pekon Balam Kecamatan Pesisir Utara.


Menurut Agus, hakekat demokrasi di tingkat pekon dapat terlihat dalam pelaksanaan pemilihan peratin. Semua komponen masyarakat terlibat sesuai dengan peran dan fungsinya. Keterlibatan tersebut mencerminkan kesadaran masyarakat pekon dalam menentukan pemimpin.


"Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh pemerintah pekon," ungkap Agus.


Dijelaskannya, sesuai ketentuan, maksimal tiga bulan setelah pelantikan, peratin harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pekon untuk jangka waktu enam tahun. Ditetapkan dengan peraturan pekon, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program. 


"Penyusunan perancanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipatif oleh  pemerintah pekon yang melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan," paparnya.


Selain itu, dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.


Bupati berharap para peratin terlantik dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Pesibar, khususnya di Kecamatan Pesisir Utara dan Pulaupisang, serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.


Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, anggota DPRD Pesibar,   Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP. Hadi Saeful Rahman, Komandan Unit Intel Kodim 0422/LB, Letda. Inf. Rihantoyo, camat, dan APDESI Pesibar.(Eva/inilampung.com)


LIPSUS