Cari Berita

Breaking News

Muncul Wacana Airlangga - Ganjar di 2024

INILAMPUNG
Sabtu, 25 September 2021

INILAMPUNGCOM - Muncul wacana Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo maju pasangan calon Presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.


Kedua tokoh cukup layak jika didorong berpasangan pada Pemilu 2024.


Saat keduanya bertemu di Klaten, Jawa Tengah, Airlangga dan Ganjar pun kompak menjawab kemungkinan berpasangan pada Pemilu 2024.
Airlangga maupun Ganjar tidak secara tegas menolak kemungkinan itu. Namun kompak memilih menjawab singkat.


"Ini masih 2021. Covid desek (dulu)," ujar Airlangga, hari Jumat 24, September 2021 lalu.


"Covid, covid, covid, dulu mas," timpal Ganjar dalam sebuah rekaman saat sesi wawancara dengan wartawan di Klaten, dikutip merdeka.com, Jumat (24/9).


Airlangga dan Ganjar terpantau tampil serasi menggunakan batik di acara Yaqowiyu Ki Ageng Gribig. Airlangga dan Ganjar tiap tahunnya terlibat dalam acara tersebut.


"Ini acara Yaqowiyu, ini kan setiap tahun Pak Ganjar juga ikut beberapa tahun untuk pembagian apem dalam rangka Yaqowiyu. Tadi malam kita haul, ini sebuah tradisi yang dilakukan lebih dari 400 tahun," ujar Airlangga.


Airlangga menambahkan, dalam pertemuan bersama Ganjar dibahas juga penanganan covid dan pemulihan ekonomi di Jawa Tengah.


"Penanganan covid sudah lebih baik seperti di Klaten sudah turun ke level 3. Vaksinasinya juga sudah mulai bagus. Nah tentu ini harus dilanjutkan dan vaksinasi tetap harus digenjot. Saya juga sudah minta ke Pak Gubernur walau kasus sudah turun, tapi jangan lengah tetap dijaga wilayahnya agar tidak naik lagi kasusnya," katanya.


Dukungan AMPI
Ketua Umum Organisasi Sayap Partai Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Dito Ariotedjo serukan duet Airlangga Hartarto (AH) dengan para tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi versi survei opini publik.


Dito menilai, setidaknya ada 7 tokoh yang berpotensi menjadi calon wakil presiden mendampingi Airlangga. Namun, dia menilai hanya tiga orang yang pas.


"Dari 7 pilihan itu menurut saya Pak AH cocok didampingi Pak Anies, Pak Ganjar dan Sandiaga Uno," kata Dito sperti ditulis merdeka.com, Selasa (21/9).


Empat lainnya yang dianggap potensial yakni Gibran Rakabuming Raka, Khofifah Indar Parawansa, Ridwan Kamil dan Muhaimin Iskandar.


Sedang Anies Baswedan, meski peluangnya cukup kuat hingga kini belum memiliki partai politik.


Sementara Ganjar dan Sandiaga memiliki peluang kecil di parpolnya masing-masing. Ganjar harus bersaing dengan Puan Maharani dan Sandiaga dengan Prabowo Subianto. 


Dito menjelaskan, ketiga calon tersebut menjadi pelengkap bagi kemampuan Airlangga saat ini. Menurut dia, Airlangga kuat di partai dan punya latarbelakang teknokrat.


“Walaupun beliau ketum partai, sisi teknokrat beliau sangat kental. Sangat profesional di bidang industri dan ekonomi,” kata Dito.


Kemudian sosok Anies, Ganjar dan Sandiaga Uno punya pengalaman sebagai kepala daerah. Hal ini yang diyakini sebagai paket lengkap untuk Pemilu 2024.


“Pak Anies , Pak Ganjar, Pak Sandi berpengalaman banyak sebagai kepala daerah yang notabene ahli menghadapi masyarakat luas dan komunikasi politik yang mengayomi.


Kombinasinya sangat pas jika menjadi duet di pilpres berikutnya,” tegas Dito.


Dito yakin, Airlangga dan partai Golkar mampu melobi ketiga orang tersebut untuk bisa maju dalam kontestasi di Pemilu 2024. Meskipun dia mengakui, Ganjar dan Sandiaga merupakan kader parpol lain.


“Partai Golkar sebagai partai yang jam terbang tinggi pasti memiliki strategi-strategi melobi yang mumpuni,” katanya.
 (*mdk)

LIPSUS