Cari Berita

Breaking News

Pagi ini, 100 Buku Puisi Diluncurkan FSIGB 2021

Minggu, 26 September 2021



INILAMPUNG.COM, Tanjungpiang - Pagi ini (26/9/2021) pukul 09.30, sebanyak 100 buku puisi karya sastrawan peserta Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) diluncurkan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Ketua pelaksana sekaligus penggagas FSIGB, Dato Rida K Liamsi, menjelaskan peluncuran 100 buku puisi dengan menggunakan balon udara sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan ini menjadi tradisi bagi FSIGB.

"Tradisi peluncuran buku sastra ini sebagai bentuk kepedulian untuk menjayakan karya sastra di Indonesia," ujar Rida dihubungi japri WA, Minggu (26/9/2021).

Ia menegeskan, semangat panitia dalam menghimpun para sastrawan yang telah menerbitkan buku puisi amat dihargai setingi-tingginya. "Begitu juga para sastrawan yang memecayai event FSIGB sehingga menyambut sesi peluncuran 100 buku puisi ini dengan mengirim sampul buku ke panitia, juga suatu kehormatan yang kami puji."

Para sastrawan yang bukunya akan diluncurkan, di antaranya Sutardji Calzoum Bachri, Rida K Liamsi, Tarmizi Rumahitam, Bambang Widiatmoko, Kurnia Effendi, Agusri Junaidi, Abdul Kadir Ibrahim, Isbedy Stiawan ZS, Ali Syamsudin Arsy, Yahya Andi Saputra, Kurniawan Junaedhhie, Tri Astoto Kodarie, Kunni Masrohanti, Titin Ulpianti, Jauza Imani, Edy Pranata PNP, Syuman Saheha, dan lain-lain.

Pagi ini, 100 buku puisi tersebut akan menghiasi langit Tanjungpinang, Kepulauan Riau. 

FSIGB 2021 dilaksanakan secara daring dan luring. Para penyair di luar Kepri telah membacakan puisi melalui youtube FSIGB sejak Jumat pagi. Seminar sastra digelar Sabtu (25/9) menghadirkan 10 pembicara dengan moderator Fatih Muftih. 

"Para pembicara di antaranya Prof. Hasanudin WS dari Universitas Negeri Padang, Maman S. Mahahaya dari UI dan kritikus sastra, dan lainnya. 

Pembacaan puisi dapat disaksikan di kanal youtube FSIGB, jelas Rida K Liamsi. (zal/bdy/inilampung)

LIPSUS