Cari Berita

Breaking News

MDMC Latgab Regional Sumatera di Tanggamus

INILAMPUNG
Minggu, 17 Oktober 2021
Views

MDMC Gelar Latgab Regional Sumatera di Tanggamus (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Tanggamus - Muhammadiyah Disester Managemen Centre (MDMC) mengadakan latihan gabungan (Latgab) dan rapat koordinasi (Rakor) se-Sumatera di Tanggamus, tepatnya di komplek perguruan SMK Muhammadiyah 1 Gisting. Kegiatan ini diikuti 150 peserta terdiri dari Aceh sampai Lampung, akan dilaksanakan 16-18 Oktober 2021.

Pada pembukaan acara tersebut, Ketua MDMC Lampung menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menjalin kesadaran kolektif dan bersinergi dalam respon bencana. Khususnya di wilayah pulau Sumatera.

“Momentum Rakor dan Latgab ini untuk menjalin komunikasi dan sinergitas dalam Kerjasama. Baik pengurangan resiko bencana, maupun respon saat terjadi bencana di seluruh wilayah di Sumatra. Pada acara ini kami juga mengadakan simulasi dan praktik langsung di lapangan berupa managemen dapur umum dan managemen Pos Koordinasi (Poskor)," jelas Ahsanal Huda.

Sedangkan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Propinsi Lampung menegaskan bahwa Muhammadiyah melalui MDMC berkomitmen aktif dalam dakwah sosial. Menurutnya MDMC salah satu Gerakan otentik Muhammadiyah dimana Muhammadiyah dalam awal berdirinya selalu melaksanalkan Gerakan Penolong Kesengsaraan Umum di tengan tengah Masyarakat yang samangat majemuk. 

"Maka harapan kedepan MDMC memalui peningkatan kapasitas relawan dapat mencetak relawan Tangguh, professional dan siap sedia dalam membantu sesama," harap Prof Marzuki Noor. 

Kemudian, Wakil Bupati Tanggamus dalam sambutannya juga meminta agar masyarakat turut serta dalam kegiatan tersebut. Wakil bupati mendorong BPBD agar lebih aktif dalam bekerjasama dengan elemen masyarakat yang konsen di bidang kebencanaan.

"Kabupaten Tanggamus penting sekali bekerjasama dengan banyak pihak agar dalam respon kita bisa prima membantu masyarakat dalam bencana," ungkap AM Syafi’I.

Diketahui, pada acara pembukaan tersebut oleh dihadiri oleh ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Prof Marzuki Noor, Forkopimda, Wakil Bupati Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus dan Kapolres Kabupaten Tanggamus.(zal/inilampung)

LIPSUS