Cari Berita

Breaking News

Kabarnya Jokowi Akan Merombak 3 Menteri dalam Waktu Dekat Ini

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Sabtu, 27 November 2021

Jajaran Menteri dan pejabat setingkat menteri yang masuk dalam kabinet kerja jilid 2 (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju disebut-sebut akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (8/12/2021) mendatang. Berdasarkan perhitungan kalender Jawa, 8 Desember bertepatan dengan hari Rabu Pon.

Nah, konon Presiden Jokowi diketahui sering melakukan reshuffle kabinetnya pada hari tersebut. Untuk reshuffle kali ini, isunya bakal ada tiga menteri yang tergusur dari jabatannya.

Ketiganya adalah Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya; dan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sedangkan nama yang akan masuk kabinet disebut-sebut yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.

Selain Zulkifli Hasan, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga disebut-sebut akan masuk dalam jajaran kabinet Jokowi. Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Prananda Surya Paloh juga diwacanakan masuk kabinet menggantikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan dia akan kembali menjadi pengusaha jika masa jabatan sebagai Menteri BUMN sudah berakhir.

“Kembali ke masyarakat, jadi pengusaha, sesuatu yang nikmat lho. Jadi pengusaha ya, satu, atur diri dia sendiri. Cari uang gak ada yang maki-maki,” ucap Erick.

Pernyataan Erick itu sekaligus mengkonfirmasi isu dirinya bakal kena reshuffle kabinet. Erick menegaskan menteri sebagai pembantu presiden harus siap dicopot kapan saja.

“Yang namanya pembantu Presiden itu siap diangkat, siap dicopot. Ini belum tentu saya selesai (menjabat) Menteri BUMN. Bisa saja saya dicopot,” tandas Erick.

Sementara Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah dan tak membenarkan terkait rencana reshuffle kabinet 8 Desember 2021.

“Nanti aku jawab pada saatnya,” kata Pramono kepada media.(pojoksatu)

LIPSUS