Cari Berita

Breaking News

Pengurus NU se-Jatim Usung Gus Yahya Gantikan KH Said Aqil

INILAMPUNG
Kamis, 04 November 2021

KH Yahya Cholil Staquf (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Surabaya - Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) se-Jawa Timur sepakat mengusung KH Miftachul Ahyar dan KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai calon Rois Aam dan Ketua Umum PBNU. Usulan final ini akan dibawa ke Muktamar NU di Lampung Desember 2021.

"Dalam Muktamar 23 hingga 25 Desember 2021 mendatang, Jatim sudah mengambil keputusan secara organisatoris mendukung KH Miftachul Ahyar sebagai Rois Aam dan Gus Yahya sebagai Ketua Umum," kata Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin, Rabu (3/11/2021).

Keputusan ini sudah final. Sebelumnya, pengambilan keputusan melalui mekanisme organisasi. Hal ini diawali dengan musyawarah antarketua cabang NU se-Jatim, yang hasilnya kompak mendukung KH Miftachul Ahyar dan Gus Yahya.

Hasil musyawarah antar ketua cabang ini pun dilaporkan ke Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Mansyur. Tak hanya itu, PWNU Jatim juga menggelar rapat gabungan antara Syuriah dan Tanfidziyah. Rapat ini memutuskan mengusung Gus Yahya sebagai calon ketua umum dan KH Miftach sebagai Rois Aam.

Keputusan ini juga telah ditandatangani sejumlah ulama. Seperti Rois Syuriah PWNU KH Anwar Mansyur; Katib KH Syafrudin Syarif; Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar serta Sekretaris PWNU Akh Muzakki.
Surat Keputusan PWNU Jawa Timur tentang Usulan Kepemimpinan PBNU 2021-2026 


"Ini keputusan resmi organisasi, bukan keputusan orang perorang tapi keputusan organisasi," imbuhnya.

Keputusan ini, juga didukung 42 cabang NU se-Jatim. Hal ini sebagai bentuk kesamaan keinginan, karena Jatim ingin menjadi lokomotif perubahan di mana NU lahir di Jawa Timur.

"Jadi tidak benar jika saat ini masih ada di Jawa Timur ini yang keliling mengatasnamakan PWNU dan mencari dukungan bukan untuk Gus Yahya. NU Jatim sudah bulat ke Gus Yahya," katanya.

Pernyataan KH Abdullah Syamsul Arifin ini sekaligus memastikan sampai saat ini NU Jatim tetap solid dan tidak ada calon lain yang dibawa dalam Muktamar NU.

KH Yahya Cholil Staquf

KH Yahya Cholil Staquf berasal dari di Rembang, Jawa Tengah, lahir pada 16 Februari 1966. Ia merupakan tokoh Nahdlatul Ulama dan saat ini menjabat sebagai Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Yahya merupakan kakak dari Menteri Agama saat ini, Yaqut Cholil Qaumas. Mereka memang lahir dan besar dari keluar santri.

Pendidikan formal Yahya di Pesantren. Ia pernah menjadi murid KH. Ali Maksum di Madrasah Al-Munawwir Krapyak di Yogyakarta. Di jenjang perguruan tinggi, ia melanjutkannya pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada.

KH Yahya Cholil Staquf kerap menjadi pembicara internasional di luar negeri. Seperti pada Juni 2018, Yahya menjadi pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC) di Israel menyuarakan menyerukan konsep rahmat, sebagai solusi bagi konflik dunia, termasuk konflik yang disebabkan agama.(dbs/inilampung)

LIPSUS