Cari Berita

Breaking News

Pengurus Petani Pemakai Air Lampung Timur Dikukuhkan

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Selasa, 02 November 2021

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi melantik pengurus P3A Lampung Timur.

INILAMPUNG, Sukadana--Wakil Bupati Lampung Timur mengukuhkan pengurus Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Lampung Timur periode 2021-2025, di Gedung Pusiban komplek pemkab setempat, Selasa (2-11-2021).

Ketua P3A Provinsi Lampung Mingrum Gumay menjalankan Keberadaan P3A diharapkan mampu membantu para petani di Lampung Timur mewujudkan swasembada pangan dalam peningkatan produksi pertanian khususnya padi.

"P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani," kata Mingrum.

Mingrum menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementan untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

"Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan, di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru, dan penyediaan alat mesin pertanian (alsintan)," katanya.

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengatakan, P3A diharapkan mampu membantu para petani di Lampung Timur dalam peningkatan produksi pertanian khususnya padi.

"Keberadaan P3A mampu mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier serta mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani," katanya.

Sementara itu Ketua P3A Lampung Timur Sandi Yudha menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah Lampung Timur pada hari ini melaksanakan pengukuhan kepengurusan P3A Lampung Timur periode tahun 2021-2025.

Sandi melanjutkan tugas atau amanah ini menjadi tanggung jawab bersama P3A tingkat Kabupaten untuk melakukan pembinaan P3A tingkat kecamatan hingga desa. Dalam tata kelola air pertanian ini merupakan target pemerintah dalam peningkatan produksi pangan.

"Salah satunya pembangunan embung atau waduk sebagai cadangan air pertanian. Insyaallah kedepan pengurus P3A Lampung Timur selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan swasembada pangan," katanya. (zal/inilampung.com)

LIPSUS