Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun

INILAMPUNG
Sabtu, 06 November 2021

Ketua Umum TP PKK Pesisir Barat pada peringatan Hati Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021.
 

INILAMPUNG, Krui -- Kabupaten Pesisir Barat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021 di SDN 117 Krui Pekon Sukamulya Kecamatan Lemong, Jumat, 5 November 2021.

Ketua Umum TP PKK Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal pada pembukaan kegiatan itu mengatakan peringatan ini merupakan sebuah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Seiring hal tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa- bangsa pada 2008 telah menyerukan perlunya peningkatan praktek higiene dan sanitasi diseluruh dunia. Sejak saat itulah muncul pula kesadaran untuk mengkampanyekan perlunya cuci tangan pakai sabun, yang ditindak lanjuti dengan penetapan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia atau HCTPS.

Menurut dia, masalah kesehatan terutama penyakit menular merupakan persoalan serius sehingga sangat penting untuk di cegah dan di tanggulangi. Hingga saat ini, penyakit infeksi menular seperti diare, dan infeksi saluran pernafasan, serta pandemi Covid-19 saat ini masih mengancam kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kemudian itu, kegiatan cuci tangan pakai sabun ini, merupakan program tahunan Tim Penggerak PKK Pesisir Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Diharapkan kegiatan ini tidak sebatas seremoni, namun dapat menjadi budaya atau gaya hidup sehat, jelasnya.

"Marilah mengajak teman-teman, keluarga dan masyarakat di sekitar kita, untuk ikut membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari. Cuci tangan pakai sabun bukan hanya sekedar untuk wangi-wangian, tetapi yang lebih esensi adalah terbebas dari kuman, yang dapat menimbulkan penyakit khususnya diare pada anak-anak serta mencegah dari virus Covid-19.

Turut hadir, Ketua I TP PKK Pesisir Barat Yulnawati Zulqoini, serta pejabat kabupaten, kecamatan dan pekon setempat. (eva/inilampung.com)

LIPSUS