Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Tingkatkan Produksi dan Luas Tanam Kedelai

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Sabtu, 06 November 2021

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal.
 

INILAMPUNG, Krui -- Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menghadiri panen raya kedelai di Pekon Ulokmanik Kecamatan Pesisir Selatan, Sabtu 6 November 2021.

Pada kesempatan itu, Agus menyebutkan luas lahan pertanian di Pesisir Barat yang dimanfaatkan sekitar 65.349 ha. Terdiri dari 8.745 ha sawah dan 20.553 ha tegalan. Rata-rata  produksi  padi tiap tahun 88.246 ton gabah kering giling (gkg) dan jagung sekitar 27.516 ton.

Produktivitas  padi sawah di Pesisir Barat pada 2019  sekitar 5,01 ton/ha. Tetapi di beberapa  daerah, hasil  pengukuran dengan  ubinan  dapat mencapai  5,9  ton/ha.

Pada  2020 telah  diprogramkan sasaran  produksi  padi  sebesar 117.870  ton, jagung  sebesar  28.783  ton  dan kedelai 3.440 ton.

Sementara untuk meningkatkan produktivitas kedelai, antara lain dilakukan dengan peluasan areal tanam. Juga, pengembangkan kedelai baik dengan cara monokultur ataupun tumpangsari, penggunaan benih yang berkualitas serta pemupukan berimbang.

Diharapkan, produksi kedelai di Pesisir Barat dapat meningkat. Menurut Agus, pemerintah pusat membantu usaha tersebut dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian berupa power traser dan benih kedelai.

Kepada kelompok tani, dia berpesan, menyusun   rencana   dan   musyawarah   dalam   rangka meningkatkan produksi pangan. Memanfaatkan  alat  mesin  pertanian  yang  diterima  untuk  kepentingan kelompok tani.

Memelihara alat mesin pertanian  ini agar bisa beroperasi dengan baik. Berkoordinasi  dengan  aparat  desa  dan  petugas  penyuluh  pertanian, apabila dijumpai permasalahan dibidang pertanian. (eva/inilampung.com)


LIPSUS