-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Serap Aspirasi, Sambil "Ngopi Bareng" ala Lodewijk F. Paulus

INILAMPUNG
Minggu, 21 November 2021

H. Lodewijk F. Paulus saat di warung kopi sukaraja, Lampung (baim)

INILAMPUNG, Gedongtaan -- Wakil Ketua DPR RI H. Lodewijk F. Paulus bikin kejutan. Yakni, mengunjungi desa-desa terpencil, mampir ngopipay (minum kopi bareng) diwarung desa hingga berbagi doorprize.

Acara ngopipay itu dilakukan disela-sela kunjungan ke daerah pemilihan,  tepatnya didesa Sukajaya, Gedongtaan, Pesawaran,  Sabtu (21/11/2021).

Warung Kopi ini milik Sumarni, terletak sebelah kantor Balaidesa Sukaraja, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Sepintas tampak sederhana. Berlantai tanah, dinding papan, dan beratapkan seng. 

Meski begitu, warung ini memiliki banyak pelanggan, terutama pegawai Kantor Balaidesa Sukaraja. Bahkan,  lokasinya yang tak jauh dari kantor desa,  para  tamu-tamu yang datang pun beragam. Ada yang datang sambil untuk mengurus berbagai surat menyurat desa, dan datang hanya untuk cari kawan ngobrol.

Singkatnya, warteg itu menjadi tempat nyaman ruang tunggu terbuka  sambil nyeruput kopi.

"Assalamualaikum bu, gimana boleh saya mampir untuk ngopi disini bu," sapa Lodewijk F. Paulus,  sembari manarik bangku kayu yang sudah mulai reyot, pada Sabtu, 21 November 2021.

Sumarni pun tergopoh menyambut calom pembelinya, meskipun, dia tak mengetahui tamu yang hadir siang itu adalah seorang pejabat negara, DPR RI.

Dialog pun mengalir. Sambil mencicipi  kopi, pisang goreng, dan makan kecil Lodewijk  juga melakukan tanya-jawab.  Banyak hal dibahas;  mulai berapa anggota keluarga, kesehatan, pendidikan dan harapan hidup untuk seorang pemilik kedai kopi.

Lodewijk F. Paulus yang juga Sekertaris Jenderal DPP Partai Golkar itu memuji cara ibu Sumarni mempertahan ekonomi keluarganya.

"Warung kopi bu Marni ini adalah contoh usaha kecil yang  mampu bertahan dimasa krisis ekonomi akibat wabah pandemi Covid 19," kata Lodewijk.

Warung kopi, pedagang kaki lima, dan unit usaha kecil menengah (UKM) layak mendapat diapresiasi. Mereka telah menjadi benteng ekonomi keluarga. Dan,  hampir 2 tahun, sejak wabah Covid 19 menyerang seluruh negeri banyak menutup usahanya.

Banyak warung mulai membuka usaha lagi seiring membaiknya kesehatan masyarakat. Roda ekonomi mulai bergerak, ditandai dengan banyaknya aktifitas pasar dan bisnis lain. Distribusi barang dan jasa dibuka, petani pun kembali ke ladang.

"Upaya pemulihan ekonomi itu tidak lepas dari peran, Pak Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinasi Ekonomi dan ketua Golkar," ujar Lodewijk.

Acara ngopi bareng pun berlangsung akrab. Banyak aspirasi, ide dan inspirasi dicatat Lodewijk untuk nanti diperjuangkan di parlemen..

Kepada pemilik warung, Lodewijk tak lupa membagikan bingkisan sembako dan dana untuk tambahan belanja.

Tanda tali asih diberikan sebagai doorprize, atas dedikasinya membantu ekonomi keluarga, hingga putranya bisa sekolah.

Tim Operasi Pasukan Darat
Pesawaran merupakan 1 dari 8 kabupaten lain, yang menjadi basis suara Lodewijk F. Paulus, saat Pemilu 2019 lalu. Kabupaten itu: Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Peaawaran.

Selama 3 hari, Jumat, Sabtu, dan Minggu, (21/11/2021), Lodewijk F. Paulus keluar masuk desa. Dalam kunjungan, ia melakukan rekuitmen tim relawan untuk menang Pemilu 2024. Tim tersebut, diberinama Pasukan Operasi Darat. (baim/IL*)

LIPSUS