Cari Berita

Breaking News

Apel Kesiapsiagaan Bencana, Masyarakat Diminta Waspada

INILAMPUNG
Jumat, 17 Desember 2021
Views

Apel kesiapsiagaan bencana di lapangan Pemkab Pringsewu.
 

INILAMPUNG, Pringsewu -- Jajaran kepolisian, tentara, dan aparat pemerintah di Kabupaten Pringsewu menggelar apel kesiapsiagaan bencana di lapapangan pemkab setempat, Jumat (17-12-2021).

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan sejumlah tempat di Kabupaten Pringsewu dinilai rawan banjir, kebakaran dan angin puting beliung.

Karena itu, Kapolres mengimbau masyarakat selalu waspada, menghindari membuka lahan dengan cara membakar dan menghindari lokasi lokasi aliran air saat terjadinya banjir.

"Ini bisa menjadi perhatian kita bersama supaya terhindar dari bencana," terang AKBP Rio Cahyowidi

Sementara itu Staf Ahli Sekkab  Pringsewu, Malian Ayub menyampaikan, apel bersama digelar dalam rangka kesiapansiagaan menghadapi datangnya bencana pada saat musim hujan.

Beberapa daerah yang dinilai rawan banjir antara lain di Kecamatan Pardasuka dan bencana angin puting beliung di wilayah Kecamatan Adiluwih.

Menurut Malian Ayub, dalam mengantisipasi kerawanan bencana tersebut pemerintah daerah telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait.

Selain itu juga telah melaksanakan pelatihan penanganan bencana di tingkat pekon.

"Harapannya pemerintah dan masyarakat telah siap dan bisa bersama sama mengantisipasi datangnya bencana," jelasnya

Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas menjelaskan dalam menghadapai datangnya bencana, pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana baik personel maupun peralatan dan juga relawan di setiap daerah.

"Segala sesuatunya sudah kita persiapkan, namun harapnya bencana itu tidak terjadi dan kalaupun terjadi jangan sampai terjadi korban jiwa," jelas Edi.

Apel bersama juga dihadiri Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili Pabung Mayor Eva Yuniar Kamal, para asisten, Kepala  OPD dan instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut jajaran forkopimda juga melakukan pemeriksaan sarana prasaran yang disiapkan dalam menghadapi datangnya bencana. (tyo)

LIPSUS