Cari Berita

Breaking News

Diikuti 65 Pekon, Porkon I Pringsewu Pertandingkan Enam Cabor

INILAMPUNG
Jumat, 10 Desember 2021
Views

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka kegiatan Porkon l tahun 2021 Kabupaten Pringsewu dengan memukul gong.
 
INILAMPUNG, Pringsewu -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pringsewu merealisasikan program kegiatan Pekan Olahraga antar-Pekon (Porkon) l tahun 2021.

Event yang baru pertama kali digelar di Provinsi Lampung itu diikuti 65 pekon dari 133 pekon di Kabupaten Pringsewu. Mempertandingkan enam cabang olahraga, yakni pencak silat, bola voli, bulu tangkis, catur, senam dan tenis meja.

Porkon I  dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi di GOR Mini, Kuncup, Pringsewu Barat, Kabupaten Pringsewu, Kamis (9-12-2021), ditandai dengan pemukulan gong.

Fauzi menyambut baik kegiatan yang digelar oleh KONI Kabupaten Pringsewu. "Event Porkon ini merupakan yang pertama digelar dan belum ada di kabupaten lain di Provinsi Lampung," ucapnya.

Dia berharap melalui ajang Porkon I Kabupaten Pringsewu dapat  menggairahkan dunia olahraga yang nantinya dapat lahir atlet-atlet tangguh berprestasi dari pekon, terlebih upaya untuk memajukan olahraga juga menjadi tanggungjawab bersama, termasuk pemerintah pekon dan kelurahan.

"Semoga gelaran Porkon kedepan dapat menjadi agenda rutin yang diikuti oleh seluruh pekon dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pringsewu,"harap Fauzi.

Menurutnya, terkait pembinaan dan penanggungjawab  keolahragaan di tingkat pekon, maka diminta agar dibentuk koordinator di tingkat pekon dan kelurahan.

Jika di kecamatan ada KOK atau koordinator olahraga kecamatan, Fauzi meminta agar di tingkat pekon juga ada Koordinator Olahraga Pekon atau KOP, sehingga pembinaan olahraga di pekon dan kelurahan dapat lebih terkoordinir.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi mengatakan tujuan diselenggarakannya Porkon yakni untuk menghidupkan semangat berolahraga di kalangan masyarakat pekon atau kelurahan, serta  membangun dan memupuk silaturahmi antarsesama insan olahraga.

Disamping itu guna menjalin kerjasama antara KONI dengan pemerintah pekon dan kelurahan, dalam membina potensi atlet untuk berprestasi, sehingga akan muncul atlet-atlet potensial dari pekon.

Dwi berharap Porkon ini dapat menjadi pintu masuk untuk menciptakan prestasi olahraga Kabupaten Pringsewu kedepan. "Bersama cabor-cabor yang ada di Pringsewu, kita juga telah bersepakat dan menargetkan bahwa pada Porprov 2022 mendatang, Pringsewu bisa mendapat lebih dari 60 emas serta masuk tiga besar di Lampung," terangnya.

Dia menambahkan, Porkon I tahun 2021 Kabupaten Pringsewu  mengusung tema 'Transformasi Hobi Menjadi Prestasi', digelar dengan protokol kesehatan dan tanpa penonton, berlangsung sepakan mulai 9 hingga 14 Desember 2021.

Kegiatan pertandingan dibagi dalam dua zona, masing-masing untuk Zona I meliputi pekon di Kecamatan Ambarawa, Gadingrejo, Pagelaran dan Pardasuka. Untuk Zona II, meliputi pekon dan kelurahan di Kecamatan Pringsewu,  Adiluwih, Banyumas, Pagelaran Utara dan Sukoharjo.

"Pembagian zona ini karena KONI Pringsewu taat akan aturan pemerintah, terkait masih adanya Covid-19," imbuh Dwi Pribadi. (tyo)

LIPSUS