Cari Berita

Breaking News

IKBI PTPN Gelar Webinar Ikhtiar Menjadi Ibu Idola

INILAMPUNG
Rabu, 08 Desember 2021

 

INILAMPUNG, Bandarlampung -- Psikolog spesialis pengasuhan anak Elly Risman menjadi narasumber Webinar Nasional Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Grup, Rabu 8 Desember 2021.

Diselenggarakan IKBI PTPN VII dari Kantor Direksi PTPN VII, seminar berbasis web ini dibuka Ketua Umum IKBI PTPN Holding Rizkiyah Abdul Ghani dan diikuti 1.200 peserta dari IKBI seluruh anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara.

Berkonsep ruang konsultasi virtual, suasana seminar terasa hidup dengan mengundang interaksi dinamis. Elly Risman sengaja mengajak Ina Sitompul yang menjadi moderator untuk berada satu frame mewakili seluruh peserta.

Sementara, peserta terus dilibatkan melalui instruksi-instruksi langsung oleh narasumber dan diminta untuk aktif memberi tanggapan via chat platform zoom meeting dan youtube yang menyiarkan secara live.

Dalam sambutan selamat datangnya, Ketua IKBI PTPN VII Hermin Ryanto menyatakan terima kasih kepada Ketua IKBI Holding Perkebunan Nusantara yang memberi kepercayaan untuk menyelenggarakan webinar nasional ini.

Pada kesempatan ini juga digunakan Hermin untuk mengenalkan profil dan kegiatan IKBI PTPN VII, mempromosikan keluhuran budaya, keindahan, dan kuliner tiga wilayah kerja PTPN VII, yakni Lampung, Sumsel, dan Bengkulu.

“Atas nama seluruh Pengurus dan Anggota IKBI PTPN VII, saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. Kami berharap, webinar nasional ini memberi tambahan ilmu yang bermanfaat dalam upaya menjadi ibu yang baik untuk anak-anak dan menjadi istri yang memotivasi suami dalam berkarya untuk kemajuan perusahaan yang kita cintai ini,” kata Hermin Ryanto.

Beberapa pantun disampaikan oleh istri Direktur PTPN VII Ryanto Wisnuardhy itu sebelum mengakhiri sambutan. Salah satunya, pantun bernada undangan IKBI PTPN VII untuk berkunjung ke Lampung.

Ada bayi berenang-renang

Bayi berenang pakai pelampung

Jik IKBI ingin bersenang-senang

Kami tunggu di Bandarlampung

Sementara itu, dalam pengarahannya, Ketua Umum IKBI PTPN Holding Rizkiyah Abdul Ghani meminta seluruh ibu yang mengikuti webinar ini mengikuti dengan serius dan tuntas.

Ia memberi apresiasi kepada IKBI PTPN VII yang menghadirkan narasumber pakar parenting yang mempunyai segudang ilmu terapan dan sangat dibutuhkan oleh orang tua, terutama kaum ibu.

“Kepada Ibu Elly Risman, kami menyampaikan terima kasih atas kesediaannya berbagi ilmu dan tips di forum ini. Kami sangat menunggu pemaparan ibu yang ilmunya sangat aktual dekat dengan keseharian kita, terutama para ibu,” kata dia.

Dalam pemaparannya, Elly Risman mengupas secara dalam tentang manajemen perasaan. Menurut psikolog yang mendalami ilmu adiksi atau ketagihan terhadap gadget, terkhusus pornografi ini, mengelola perasaan untuk membangun harmoni keluarga membutuhkan ilmu dan keikhlasan. Sebab, perasaan yang normal tanpa tekanan akan membawa good mood yang akan mengantarkan kepada harmoni keluarga.

“Yang paling sulit kita kondisikan sebagai seorang ibu adalah perasaan buruk. Bentuk nyatanya adalah marah, kesal, ngomel, dan perilaku emosional yang sulit dikontrol. Jika ini terjadi terus menerus, orang-orang dalam rumah kita akan bad mood semua. Nah, ini akan menjadi awal dari semua keburukan dalam rumah,” kata alumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia berusian 70 tahun ini.

Secara interaktif Elly juga mengajak peserta webinar untuk melakukan simulasi cara meredam perasaan buruk. Dalam forum virtual itu, Elly sempat memposisikan diri sebagai ibu dari Ina Sitompul, moderator, dalam memeragakan berbagai model hubungan ibu-anak. Interaksi pemeran ibu-anak ini kemudian mendapat aneka komentar via kolom chat dari peserta.

Elly yang belajar khusus tentang parenting di Florida State University itu mengingatkan tentang resonansi seorang ibu dalam rumah tangga. Ia membuat kutipan, “Jika ibu tidak bahagia, jangan berharap ada orang lain bahagia di rumah itu.”

Kutipan itu dipakai oleh Risman untuk memperbaiki dan membangun good mood dengan memilih pola komunikasi di dalam keluarga, terutama kepada anak.

Beberapa tips disampaikan pendiri Yayasan Kita dan Buah Hati ini. Salah satunya, dia meminta seluruh peserta webinar untuk memperagakan satu gerakan yang mengajak diri untuk berkomitmen kepada pakta integritas kepada diri sendiri.

Jangan suka menasehati orang lain kalau perasaan sedang bermasalah, ujarnya

Dalam rangkaian webinar itu juga diisi dengan pemutaran beberapa video pendek. Antara lain tentang keindahan pariwisata dan kuliner daerah Lampung yang disampaikan Pami Okta Kurniawan, istri SEVP Business Support PTPN VII Okta Kurniawan.

Dalam rangkaian webinar itu juga diisi dengan pemutaran beberapa video pendek. Antara lain tentang keindahan pariwisata dan kuliner daerah Lampung yang disampaikan Pami Okta Kurniawan, istri SEVP Business Support PTPN VII Okta Kurniawan. Lalu, tentang eksotika Provinsi Sumatera Selatan yang dipromosikan Indah Rumingsari, istri SEVP Operation I Budi Susilo.

Juga tentang pariwisata dan kuliner Provinsi Bengkulu yang dipresentasikan Linda Dicky Tjahyono, istri SEVP Operation II Dicky Tjahyono. (mfn/rls).

LIPSUS