Cari Berita

Breaking News

Mantan Pejabat PTPN VII jadi Ketua RT di Bandarlampung

INILAMPUNG
Minggu, 19 Desember 2021
Views

INILAMPUNG.COM, Bandar Lampung - Wahyudi, mantan Pejabat PTPN VII terpilih menjadi ketua RT 05 LK 1 Kelurahan Rajabasa Pemuka Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung dengan perolehan 95 suara dari total 156 suara, mengalahkan Husni Zawawi yg juga mantan manajer perusahan swasta dengan perolehan  61 suara. Proses pemilihan dilaksanakan pada hari minggu (19/12) di Ruko, jalan kavling Raya No. 20 Rajabasa Pemuka - Rajabasa Bandar Lampung. 

Menurut Nurizan alias Memet, salah satu panitia pemilihan mengatakan bahwa  proses pemilihan berlangsung sangat demokratis, tidak ada money politik, tidak ada pembagian sembako dan bahkan proses penyelenggaraannya dibiayai oleh warga.

"Ini sangat baik bagi perkembangan demokrasi kita kedepan", ungkap pejabat Pemprop Lampung ini. 

Aris Susanto, sekretaris panitia pemilihan menambahkan, proses pemilihan Ketua RT mengacu kepada Perwali No. 45 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perwali Bandar Lampung No. 80 tahun 2012 tentang pembentukan Rukun Tetangga Kota Bandarlampung.

Sebelum melaksanakan pemilihan, panitia melakukan pendataan pemilih dengan mendatangi langsung kerumah-rumah warga dan memverifikasi pemilih berdasarkan data KK dan KTP, bahwa yg berhak sebagai pemilih adalah warga RT05, dibuktikan dengan KTP. 

Sedangkan terkait calon ketua RT, bahwa calon bisa mendaftarkan diri sendiri, dan atau diusulkan oleh Kepala Keluarga, satu KK mengusulkan 1 nama calon. Akhirnya, setelah diverifikasi berdasarkan Perwali No. 45/2020, hanya tersisa dua nama yg lolos yaitu Wahyudi dan Husni Zawawi. 

Menurut pengakuan timses Husni Zawawi,  Jefri, mengatakan calonnya sudah positif menang karena berdasarkan dukungan dari KK, calonnya mendapatkan 30 suara, kalau 30 suara dikalikan 4 suara per KK sudah dapat 120 suara. Jefri menyadari terlalu percaya diri sehingga lengah dan akhirnya kalah. 

Sementara timses nomor urut 2 Wahyudi, Erick, dari awal sangat yakin calonnya bakal menang, karena calonnya orang yg cukup dikenal di RT 05, track rekornya juga bagus, mantan petinggi PTPN VII. Erick yakin bahwa walaupun calonnya hanya didukung 9 KK, tapi sistem pemilihan adalah one man one vote, jadi dukungan KK belum jaminan dukungan semua pemilih dalam KK. Bermodalkan dukungan tersebut, akhirnya dengan waktu 1 minggu  kami kampaye door to door  mendatangi pemilih langsung, dan alhamdulillah calon kami bisa memenangkan pemilihan ketua RT05. 

Dalam sambutan ketua lingkungan 1, B. Sujarwo, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada panitia pemilihan karena dapat menyelenggarakan pemilihan secara damai dan aman. Beliau juga mengucapkan selamat kepada calon terpilih, semoga cepat dilantik dan dapat bekerjasama dengan semua pihak, terutama pemerinyah, sehingga warga RT 05 dapat maju, menjadi RT terbaik. 

Syafrul ketua RT05, yang akan berakhir 31 desember 2021 menyampaikan terima kasih kepada panitia pemilihan yg sudah bersusah payah, dan mengucapkan selamat kepada Wahyudi yg terpilih sebagai ketua RT 05. 

"Sekarang tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada 03, Persatuan Indonesia. Sekarang mari kita bersama-sama kembali untuk membangun RT 05 lebih baik lagi kedepan," ungkap ketua RT05, yang tidak mau mencalonkan diri lagi.(rls/inilampung)

LIPSUS