Cari Berita

Breaking News

Pesisir Barat Luncurkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa

INILAMPUNG
Senin, 13 Desember 2021

 

INILAMPUNG, Krui -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) meluncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Kepala Dinas PMP Pesibar Edwin Kastolani mengatakan siskeudes untuk memudahkan pekon (desa) dalam menyampaikan laporan dan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

"Aplikasi siskeudes untuk mengoptimalkan pelaporan keuangan pekon agar lebih cepat sehingga pada tahun 2022 mendatang tidak tertinggal dari kabupaten lain," jelas Edwin, Senin (13/12/2021).

Edwin mengatakan hingga kini dari 116 pekon di Pesibar, yang menggunakan siskeudes baru 50 persen.

"Artinya, bimbingan rutin tetap ada sehingga untuk memaksimalkan operator di seluruh pekon (desa). Kita arahkan sampai mereka paham cara penggunaan aplikasi tersebut dengan baik dan benar," tambahnya.

Ia melanjutkan dalam penerapan nya DPMP bekerjasama dengan Diskomiinfo sebagai fasilitator dan sebagai penyedia server juga sebagai langkah agar aplikasi siskeudes tersebut lebih terkontrol.

"Sehingga untuk keamanan data pekon bisa lebih terjamin karena bisa langsung di pantau oleh Diskominfo Pesisir Barat sebagai pemilik server, karena yang bisa mengakses hanya operator pekon tidak semua orang bisa membuka,sehingga kerahasiaan data bisa terjamin keamanannya." jelasnya.

Edwin berharap dengan adanya aplikasi ini laporan keuangan dari pekon bisa lebih maksimal dari tahun sebelumnya. "Baik laporan penyaluran BLT-DD, serta laporan keuangan lainnya," katanya. (Eva).

LIPSUS