Cari Berita

Breaking News

Usai Melihat Kondisinya, BLK Provinsi Lampung akan Diambil Alih Menaker

INILAMPUNG
Kamis, 23 Desember 2021

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemnaker) berencana akan mengambil alih Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Lampung. Hal itu usai Menaker melihat langsung kondisi BLK yang berada di Jalan Pagar Alam, Segalamider, Bandarlampung pada Selasa, 21 Desember 2021.

"Sebelumnya, BLK UPTD Provinsi Lampung diserahkan oleh pemerintah pusat ke pemerintah Provinsi Lampung sekitar tahun 1980-an, kami melihat secara dekat kondisinya dan rencananya Pemprov Lampung akan menyerahkan BLK ini kembali ke pusat," kata Menteri Ida Fauziah.

Sehingga BLK yang semula merupakan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) akan menjadi Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP).

"Kami berharap kalau ini menjadi UPTP nantinya bisa berstandar nasional, dan dalam berjalannya waktu pemerintah pusat akan dorong BLK ini menjadi standar internasional," jelasnya.

Selanjutnya, Pemprov Lampung juga berkomitmen akan menyerahkan lahan kurang lebih 20 hektare, yang nanti akan disulap menjadi workshop untuk jurusan pertanian, perikanan serta pengolahan hasil pertanian dan perikanan.

"Karena area yang luas memungkinkan ada pengembangan jurusan baru yang menjadi kebutuhan masyarakat Lampung yang mayoritas adalah petani dan nelayan," ujar dia.

Sebab menurutnya, untuk BLK yang ada di Jalan Pagar Alam tidak memungkinkan membuka jurusan baru dengan kondisi area terbatas. 

"Jurusan yang ada tetap dipertahankan dan kita akan buka jurusan baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Lampung," ujarnya.

Adapun hibah lahan 20 hektare tersebut secara administratif sedang di proses. Kemudian, direncakan tahun 2022 sudah mulai pembangunan.(dbs/inilampung)

LIPSUS