-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Doa untuk Orang Sakit

INILAMPUNG
Jumat, 14 Januari 2022


INILAMPUNG.COM - Doa untuk orang sakit hendaklah dibaca saat mendengar kerabat, sahabat ataupun tetangga yang sakit. Karena mendoakan merupakan bentuk kepedulian yang diajarkan Islam. 


Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya agar peduli terhadap kerabat, sahabat bahkan tetangga ketika mereka sakit. Mendoakan dan menjenguknya merupakan ajaran beliau, Rasulullah bersabda: “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang sedang sakit, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakan agar mendapat Rahmat.” 


Apabila saat mendo'akan orang sakit hendaknya mengucapkan: “Tidak mengapa, semoga sakitmu senantiasa membersihkan mu dari dosa-dosa, Inshaallah.”                                                                      

Tak hanya doa untuk orang sakit adab dalam menjenguk orang sakit pun perlu diperhatikan. Berikut 7 adab saat menjenguk orang sakit, yang bisa diterapkan.


Mengucapkan Salam

Salam merupakan adab yang harus terus dipraktekkan dan dilakukan, tidak hanya saat bertamu, dan bertemu saja, bahkan saat menjenguk orang sakit pun hendaklah mengucap salam. Mengucapkan salam bukan hanya karena adab saja. 


Melainkan mengucap salam merupakan salah satu bentuk hormat terhadap tuan rumah juga orang yang sedang dijenguk. Ucapkan salam dengan lembut dan ikhlas agar Allah SWT senantiasa merahmati.


Menutup Aurat

Menutup aurat merupakan kewajiban setiap umat muslim. Selain menjalankan kewajiban tetapi dengan menutup aurat sama halnya dengan menjaga diri dari mata-mata jahat, juga dari fitnah. 


Saat menjenguk orang sakit pun wajib untuk tetap menjaga aurat apalagi yang Anda jenguk bukan mahram. Hati akan lebih tenang jika tetap menjaga aurat saat keluar rumah dan bertemu dengan orang lain.


Mendoakan

Adab utama saat menjenguk dan mendengar kabar sahabat, saudara, keluarga bahkan tetangga yang sakit. Do'akan untuk kesembuhan dan kesehatan baginya agar dapat melakukan aktivitas kembali, ucapkan do'a untuk orang sakit  “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu.”


Memberikan Semangat

Saat menjenguk hendaknya memberikan semangat dan motivasi,  agar orang yang sakit berusaha untuk lekas sembuh. Semangat sangatlah di butuhkan bagi mereka yang sekarang sedang sakit, karena saat sakit orang yang mengalaminya akan merasa bahwa dirinya saat ini tidak berdaya. 


Bahkan stres karena tidak bisa melakukan apa-apa tanpa bantuan orang lain, disinilah semangat sangat dibutuhkan agar mereka tetap ada motivasi untuk segera pulih. Tetap mau makan, minum obat dan selalu berfikir positif.


Memberi Nasehat

Kadangkala orang yang mengalami sakit akan mengeluhkan tentang sakitnya. Disini saatnya Anda memberikan nasehat tentang penyakit yang dideritanya. 


Nasehatilah mereka bahwa sakit merupakan pembersihan diri dari dosa-dosa, bahkan nasehatilah  supaya tetap selalu bersabar agar Allah SWT segera mengangkat penyakit beserta rasa sakit yang saat ini diderita. Dengan nasehat membangun seperti ini dapat membantu meningkatkan pikiran positif yang bisa memotivasi akan kesembuhannya.


Membawa Buah Tangan

Membawa sesuatu hendaklah dilakukan sebagai rasa peduli terhadap mereka yang sedang sakit. Bawa buah tangan yang sekiranya mereka sukai dan masih dalam anjuran dokter. 


Membawa buah tangan dapat membuat orang yang dijenguk menjadi lebih bahagia dan merasa diistimewakan. Perasaan inilah yang membuat diri orang yang sakit menjadi lebih baik.


Menunjukkan Kepedulian Kita

Peduli kepada orang yang sakit dengan bertanya tentang perkembangannya saat ini. Bertanya tentang apakah sudah meminum obat ataupun sudah makan, tidak bertanya yang tentang hal yang bisa mengakibatkan sakitnya bertambah parah.


Dengan mengetahui do'a untuk orang sakit dan adab saat menjenguk, semoga menjadikan diri lebih baik memperlakukan orang lain. Adab dan mendo'akan merupakan hal utama agar terus terjalinnya silaturahmi. 


Menjadikan pribadi lebih baik tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk orang lain juga. Semoga mendapat manfaat dari artikel ini dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.(zal/inilampung)

LIPSUS