Cari Berita

Breaking News

Fauzi Serahkan Bantuan Buku ke Rumah Baca Pelangi Senja

INILAMPUNG
Senin, 10 Januari 2022

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyerahkan bantuan buku bacaan kepada Rumah Baca Pelangi Senja di Pekon Fajarmulya, Kecamatan Pagelaran Utara

INILAMPUNG, Pringsewu -- Menumbuhkan minat baca masyarakat menjadi bagian penting dalam menunjang upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Terkait hal tersebut Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengajak seluruh elemen menyukseskan upaya mewujudkan Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi.

Ajakan tersebut disampaikan Fauzi saat menyerahkan bantuan buku dan peralatan belajar kepada Rumah Baca Pelangi Senja di Pekon Fajarmulya, Kecamatan Pagelaran Utara, Senin (10-102022).

"Keberadaan rumah baca di setiap pekon sangat penting untuk menunjang terwujudnya Kabupaten Literasi yang harus dilakukan dari tingkat pekon dan kecamatan," kata wabup.

Selain itu, wabup juga berharap setiap pekon dan  rumah ibadah bisa memiliki perpustakaan. "Perpustakaan pekon tidak mesti harus di kantor pekon. Bisa di ruang-ruang publik, seperti taman atau rumah ibadah," harapnya.

Karena itu, diperlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen agar kelak setiap pekon, bahkan tempat ibadah di Kabupaten Pringsewu mempunyai fasilitas perpustakaan. Itu untuk lebih memudahkan masyarakat mendapatkan bahan bacaan yang bermanfaat, sehingga upaya mewujudkan Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi dapat segera terwujud.

"Saya mengapresiasi langkah yang langkah pendirian Rumah Baca Pelangi Senja di Pekon Fajarmulya ini. Semoga ini bisa menjadi contoh pekon-pekon lain di Kabupaten Pringsewu,"ucapnya.

Farida, pengelola Rumah Baca Pelangi Senja menuturkan, rumah baca tersebut didirikan  pada 5 Desember 2020.

"Awalnya karena kami prihatin, melihat anak-anak tidak ada kegiatan belajar di sekolah karena pandemi. Akhirnya kita rintis untuk mendirikan rumah baca ini," tuturnya.

Awalnya, lanjut dia, Rumah Baca Pelangi Senja  hanya memiliki koleksi 30 judul buku.

"Saat awal kita dirikan meski bukunya sedikit, tapi sambutan masyarakat cukup. Banyak anak-anak, bahkan para orang tua datang kemari untuk membaca. Alhamdulillah, berkat bantuan dari berbagai pihak, sekarang kita sudah punya koleksi limaratusan judul buku," ungkapnya.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir mengatakan, saat ini dari seluruh pekon di kabupaten setempat, baru ada dua pekon yang memiliki perpustakaan.

"Baru dua pekon yang punya perpustakaan yang didirikan melalui program dana desa: Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu," kata Yanwir.

Dia berharap, kelak seluruh pekon di Pringsewu dapat mendirikan perpustakaan dengan memanfaatkan program dana desa. (tyo)

LIPSUS