Cari Berita

Breaking News

Hati-hati! 7 Daerah Sudah Terdeteksi Varian Omicron

INILAMPUNG
Rabu, 19 Januari 2022

Omicron (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM, Jakarta - Tampaknya masyarakat harus tetap waspada, karena penularan virus Corona (Covid-19) varian Omicron terus terjadi. Bahkan varian Omicron sudah terdeteksi di 7 daerah di Indonesia.

Adapun ketujuh daerah tersebut adalah Jakarta, Malang, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Medan, dan Surabaya. Berikut ini deretan temuan kasusnya.

1. Jakarta
Kasus positif Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta semakin bertambah. Tercatat, kasus Omicron mencapai 725 orang yang didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri.

Dari 725 orang yang terinfeksi (Omicron), 75 persennya atau sebanyak 545 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 180 lainnya adalah transmisi lokal.

Kenaikan kasus positif harian Covid-19 di Jakarta sebanyak 554 orang. Total kasus aktif di Jakarta saat ini mencapai 3.325 orang.

2. Malang
Seorang ibu muda warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, positif Omicron, dirawat di safe house Rusunawa Kepanjen. Pasien berinisial L berusia 30 tahun.

3. Bogor
Varian Covid-19 Omicron juga terdeteksi di Kabupaten Bogor. Salah satu warga Kecamatan Dramaga, Bogor, dinyatakan positif varian baru Omicron.

"Bisa kami sampaikan bahwa khusus Kabupaten Bogor dari 5 wilayah Korem kita, memang ada 1 yang kena di Dramaga," ujar Danrem 061/Surya Kencana Brigjen Achmad Fauzi, Selasa (11/1/2022).

Warga tersebut sempat kontak erat dengan sepuluh orang. Namun semuanya dinyatakan negatif setelah melalui tes PCR dan WGS.

Achmad mengatakan yang bersangkutan saat ini tengah diisolasi di Purwasari Dramaga. Dia pun mengajak semua pihak mengantisipasi penularan Omicron, terutama orang-orang yang datang dari luar negeri.

4. Tangerang Selatan
Empat warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, dinyatakan positif Corona atau Covid-19 varian Omicron. Tiga di antaranya kasus transmisi lokal.

Satu kasus yang berasal dari perjalanan luar negeri adalah kasus perempuan usia 34 tahun setelah ada kunjungan kerja di Amerika Serikat. Adanya tiga kasus transmisi lokal tersebut menambah jumlah kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia.

5. Bandung
Satu keluarga di Kabupaten Bandung diduga terpapar Omicron. Saat ini satu keluarga terdiri lima orang itu tengah menjalani karantina di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat di Baleendah, Kabupaten Bandung.

Dirut RSUD Al Ihsan Dewi Basmala membenarkan telah menerima satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 yang diduga jenis Omicron. 

6. Medan
Seorang warga dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Pasien diketahui sempat singgah di SCBD.

Pasien langsung diisolasi di RS Sulianti Saroso usai diketahui positif Omicron. Pasien langsung dievakuasi.

7. Surabaya
Kasus positif Covid-19 varian Omicron di Surabaya kembali bertambah. Total pasien Omicron di Kota Pahlawan ada 4 orang.

"Ada lagi sekarang Omicron di Surabaya 4 (Orang)," terang Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Eri, tambahan empat pasien Omicron yang baru ini terdeteksi setelah pulang dari Jakarta. Usai terdeteksi, keempat pasien langsung diisolasi di rumah sakit.(dbs/inilampung)

LIPSUS