Cari Berita

Breaking News

Dema Febi UIN RI Gelar Febi Festival

Senin, 14 Februari 2022



INILAMPUNG, BANDARLAMPUNG -- Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan kegiatan Febi Festival, Minggu (14/02/2022).
  
Dalam Kegiatan ini terdapat beberapa perlombaan, seperti diskursus ekonomi dan digital yaitu Business Plan, Olimpiade Ekonomi Islam, Desain Grafis, Video Kreatif, Debat Ekonomi dan Artikel. 

Tidak hanya itu, terdapat juga Dialog Digitalisasi Ekonomi yang bertema “Peran Digitalisasi Sebagai Akselerasi Kebangkitan Ekonomi Nasional”. 

Dalam Dialog tersebut menghadirkan narasumber, di antaranya  Ganjar Jationo, SE., M.AP selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung. Lalu Benni Sangjaya selaku Retail and Transaction Business Manager BSI area Lampung, dan Ashif Jauhar Winarto selaku Presidium Nasional Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi Bisnis Islam se-Indonesia (FORNASMEBI) 2019-2021, dan Meri Apriya, anggota DEMA sebagai moderator.

Peserta dialog, tidak hanya berasal dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, melainkan dari seluruh Indonesia.  Karena menggunakan sistem hybrid sehingga dapat di akses oleh mahasiswa setanah air.

"Hari ini kita telah memasuki era digital yang di tandai oleh pergeseran besar (big shifting) dari teknologi mekanik dan analog menjadi teknologi digital," ujar Arief Nugroho, salah satu pemateri.

Dia menambahkan, Don Tapscott (1996) menyebutkan karakter perubahan ke arah digitalisasi, dimana ekonomi dunia telah bergeser dari masyarakat industri yang berbasis pada baja, kendaraan dan jalan raya, ke arah masyarakat ekonomi baru yang di bentuk oleh silicon, komputer, dan jaringan (networking). 

"Di tambah fenomena masyarakat Indonesia ini cenderung perilaku konsumtif yang selalu menggunakan dan memakai produk dari luar tanpa pernah mau membuat gebrakan atau inovasi baru demi memajukan peradaban bangsa, imbuh pemateri yang lain," katanya. 

Pada sesi penutup, para pemateri memberikan motivasi agar pemuda-pemudi harus mempunyai diri yang inovatif, kreatif, dan semangat juang yang tinggi dalam membuat suatu perubahan.

Sementara Dema UIN RI Ricky Febriansyah menuturkan, diselenggarakannya event Febi Festival dan Dialog Ekonomi ini guna menyalurkan daya inovasi, kreatifitas, dan kompetisi secara sehat bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia dan sekaligus menambah informasi seputar Ekonomi Digital di Era sekarang.

Terpisah Ketua Pelaksana Febi Festibal,  Fajar Fitriyanto, berharap seusai kegiatan Febi Festival ini mampu mendapatkan embrio-embrio yang bisa di salurkan pada event-event besar selanjutnya serta mampu membanggakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang kita cintai ini. (*/inilampung)

LIPSUS