Cari Berita

Breaking News

Omah Tawon Mataram Pringsewu jadi Taman Edukasi Madu

INILAMPUNG
Senin, 07 Februari 2022
Views

INILAMPUNG.COM, Pringsewu - Omah Tawon Mataram (OTM) panen madu kelanceng dengan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dengan dihadiri oleh 115 pelaku usaha UMKM se-kabupaten Pringsewu, Senin, 7 Ferbruari 2022. 

OTM merupakan kelompok tani lebah madu yang berada di pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. 

"Kelompok tani lebah madu tersebut sudah berdiri sekitar satu tahun setengah, kita juga membuka wisata edukasi lebah madu untuk Masyarakat umum yang ingin belajar cara budidaya leba madu," Yuliantoro ketua OTM.

Pihaknya berharap dengan adanya OTM, masyarakat dapat mengetahui berbagai jenis lebah yang menghasilkan madu. Serta dapat membedakan madu murni dengan madu tiruan atau campuran bahan lain. 

"Adanya tempat wisata OTM, diharapkan memiliki dampak yang lebih signifikan untuk melestarikan alam sehingga lebah madu semakin melimpah. Dengan itu, terdapat rantai yang saling menguntungkan antara alam dan petani madu," lanjutnya. 

Upaya yang dilakukan oleh OTM adalah dengan cara penanaman vegetasi sebagai bahan utama pangan untuk lebah madu. Diantaranya adalah penanaman bunga Air Mata Pengantin, bunga dumbea, bunga matahari, Lusiana, Santos Remon. Merupakan jenis bunga yang disukai oleh lebah terutama lebah Trigona Itama atau yang lebih dikenal dengan lebah madu kelanceng. 

"Saya maunya disini, di OTM jadi tempat belajar untuk hal perlebahan. Saya menghimbau untuk pelaku usaha atau yang pengusaha yang baru akan memulai. Juga untuk pelajar agar dapat beredukasi di OTM," kata Fauzi, Wakil Bupati Pringsewu. 

Tempat wisata OTM juga merupakan kelompok tani penggagas agar pemburu lebah Trigona dengan tidak menebang pohon agar alam semakin lestari. Lebah madu yang ada di tempat wisata OTM adalah jenis madu trigona yang merupakan lebah madu dengan ukuran kecil dan tidak memiliki sengat.(andi/inilampung)

LIPSUS