Cari Berita

Breaking News

Omicron Masuk Lampung, Kenali Gejalanya

INILAMPUNG
Sabtu, 05 Februari 2022

INILAMPUNG.COM, Bandarlampung - Pandemi Covid-19 belum berakhir dan kini hadir Varian Omicron yang mengancam masyarakat Indonesia. Begitupun Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan membenarkan terdapat kasus konfirmasi covid-19 di Provinsi Lampung dengan varian baru Omicron.

Bahkan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana membenarkan terdapat lima kasus konfirmasi covid-19 di Lampung terdeteksi varian Omicron, pada Jumat 4 Februari 2022.

Pihaknya menginformasikan adanya konfirmasi didapat setelah menerima surat dari Litbangkes mengenai hasil pemeriksaan Whole-Genome Sequencing (WGS). 

"Kami baru mendapatkan surat kemarin dari Litbangkes," ungkap Reihana dikutip dari lampost.co.

Reihana menyatakan situasi pandemi covid-19 di Lampung cenderung terjadi kenaikan kasus. Namun, dia mengimbau masyarakat tidak perlu panik dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar. 

Untuk diketahui, sejak 1 Februari 2022, penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Lampung terus naik. Adapun per 1 Februari ada 72 kasus terkonfirmasi covid-19 dengan jumlah orang meninggal sebanyak dua kasus. 

Pada 2 Februari 2022 tercatat penambahan 51 kasus baru, 3 Februari penambahan 113 kasus baru, dan 4 Februari terdapat penambahan 139 kasus baru konfirmasi covid-19.

Gejala Omicron

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini gejala dari penularan varian Omicron masih belum diketahui jelas.

Mengutip dari foxnews.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa ciri-ciri gejala dari varian Omicron adalah sebagai berikut:

a. demam atau kedinginan
b. batuk
c. sesak napas atau kesulitan bernapas
d. kelelahan
e. nyeri otot atau tubuh
f. sakit kepala
g. kehilangan rasa atau bau baru, sakit tenggorokan
h. hidung tersumbat atau pilek
i. mual atau muntah
j. diare.
(zal/inilampung)

LIPSUS