Cari Berita

Breaking News

Gelar RKPD Tanggamus 2023, Pemkab Konsen Membangun Sesuai Kebutuhan Rakyat

INILAMPUNG
Kamis, 24 Maret 2022

Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 

INILAMPUNG.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) memfokuskan pembangunan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. 


Selain juga memperhatikan tata makro dan kondisi sosial yang terjadi, Pemkab Tanggamus diharapkan mampu memformulasikan program-program yang tepat sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 yang bertempat di GOR Mini Tanggamus, Rabu (16/03/2022).


Musrenbang RKPD Tanggamus 2023 yang bertema “Peningkatan Produktivitas untuk Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah” itu, langsung dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Ketua III DPRD Tanggamus Kurnain, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan, jajaran Forkopimda, serta LSM dan perwakilan tokoh masyarakat.


Musrenbang Tanggamus tahun 2023


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani ketika menghadiri Musrenbang RKPD Tanggamus 2023


Pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2023 ini, sebelumnya sudah dilaksanakan sejak Januari lalu yang tahapannya dimulai dari Musrenbang Tingkat Pekon sampai ke tingkat Kabupaten.


“Adapun untuk Musrenbang tingkat Pekon atau Kelurahan telah dilaksanakan sejak 4 hingga 28 Januari 2022 lalu, yang diikuti 299 Pekon serta 3 Kelurahan di Kabupaten Tanggamus,” jelas dia.


Sedangkan untuk Musrenbang tingkat kecamatan, lanjut Hendra Wijaya, dilaksanakan sejak 3 hingga 17 Februari 2022 dan diikuti sebanyak 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.


“Kemudian Konsultasi Publik RKPD dilaksanakan pada 23 Februari 2022 serta Forum Gabungan Perangkat Daerah dilaksanakan pada 8 sampai 11 Maret 2022 di Ruang Rapat Utama Bappelitbang Kabupaten Tanggamus,” ujar Hendra.


Bupati Tanggamus, Dewi Handajani 


Pada acara tersebut Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan, RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat Pekon/Kelurahan, Kecamatan sampai dengan Musrenbang tingkat Kabupaten ini disusun berpedoman pada RPJMD. Kemudian memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan Provinsi Lampung melalui Agenda Kerja Utama Rakyat Lampung Berjaya, serta sasaran pembangunan nasional yang dicanangkan melalui 5 Arahan Presiden dan 7 Agenda Pembangunan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024.


“Selain itu, dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program atau kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam rancangan RKPD Tahun 2023 harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya tercapainya Standar Pelayanan Minimal,” ujarnya.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi


Dalam rangka pembangunan tahun 2023 yang akan datang, Bupati Tanggamus telah mengidentifikasi isu strategis yang perlu segera dibenahi diantaranya yakni Penguatan Ekonomi Akibat Dampak Covid-19, Pengurangan Angka Kemiskinan, Peningkatan Partisipasi Angkatan Kerja dan Pengurangan Pengangguran, Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia; Peningkatan Produktivitas Produk Unggulan Daerah serta Penanganan Bencana Alam.


Dalam acara tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berpesan agar dalam menyusun RKPD Tahun 2023 benar-benar memperhatikan tata makro dan kondisi sosial yang terjadi, sehingga dapat memformulasikan program-program yang tepat sesuai dengan apa yang ingin dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


“Jangan membangun sesuai dengan keinginan sendiri, tetapi kedepankan kebutuhan rakyat. Dengan begitu saya yakin Tanggamus bisa bangkit,” ujar Arinal.(lis)

LIPSUS