Cari Berita

Breaking News

Personel Bhabinkamtibmas Diberi Pelatihan Membuat Minyak Kelapa

INILAMPUNG
Kamis, 17 Maret 2022

Puluhan personel Bhabinkamtibmas Polres Pringsewu diberikan pelatihan pembuatan minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil).

INILAMPUNG, Pringewu -- Mengantisipasi kelangkaan minyak goreng, puluhan personel Bhabinkamtibmas Polres Pringsewu diberikan pelatihan membuat minyak kelapa murni atau VCO (virgin coconut oil), Kamis (17-3-2022).

Pelatihan diselenggarakan di lapangan apel mapolres setempat. Dibuka Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi. Menghadirkan narasumber sekaligus  pengusaha minyak kelapa asal Pekon Kediri, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Azis.

Tampak hadir, Wakapolres Pringsewu Kompol Doni Dunggio, Kasat Binmas Iptu Mardiono, Kasi Propam Ipda Mulyono dan 50 personil Bhabinkamtibmas.

AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan bagi personel Polri tentang tatacara pembuatan minyak kelapa murni. Sebagai alternatif atas susah dan mahalnya mendapatkan minyak goreng berbahan kelapa sawit.

"Ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan disampaikan kepada masyarakat di tempatnya bertugas,"terangnya.

Meski pembuatan minyak kelapa ini tidak menuntaskan persoalan kelangkaan minyak goreng karena keterbatasan bahan baku, tetapi setidaknya bisa menginspirasi dan menjadi salah satu alternatif.

"Pelatihan ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap konsumsi minyak goreng berbahan kelapa sawit,"ungkapnya.

Sementara itu Azis, selaku narasumber dalam pelatihan mengungkapkan, pembuatan minyak kelapa cenderung mudah dan tidak memerlukan banyak alat modern.

Selain mudah dibuat, dari segi manfaat juga tidak kalah dengan minyak pabrikan. Sebab minyak kelapa dipercaya dapat menjadi obat alternatif yang sehat jika dibandingkan dengan minyak lainnya.

"Beberapa manfaat minyak kelapa adalah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar lemak jahat dan mencegah diabetes,"tuturnya.

Azis menambahkan, selain itu untuk kesehatan, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Diantaranya mengobati jerawat, pelembab kulit, kesehatan rambut dan juga sebagai alternatif pengganti minyak pijat.

"Melalui pelatihan ini, semoga ke depan warga tertarik untuk memproduksi minyak kelapa sendiri. Selain itu  bisa dijual dan menambah income bagi para warga itu sendiri,”ucapnya. (tyo).

LIPSUS