Cari Berita

Breaking News

Ravindra, Putra Menko Airlangga Hartarto Bakal Masuk Senayan

INILAMPUNG
Senin, 28 Maret 2022

 

Ravindra, putra Menko Airlangga (dok.ist)

INILAMPUNGCOM - Pergantian antar waktu(PAW) bakal terjadi di fraksi Golkar DPR RI. 


Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa anak Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ravindra Airlangga akan mengisi kursi anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Golkar menggantikan almarhum Ichsan Firdaus. 


Berdasarkan data yang dimiliki KPU Kabupaten Bogor nama berikutnya adalah Ravindra Airlangga, anak dari Ketua Umum Airlangga Hartarto. 


"Itu yang nanti kemudian menjadi pengganti antarwaktu (PAW) almarhum Bapak Ichsan Firdaus,” ujar Anggota KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu. 


Ia mencatat, perolehan suara Ravindra pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 yaitu sebanyak 57.584 suara, terbanyak kedua setelah Ichan Firdaus yang memperoleh 64.240 suara. Herry menyebutkan bahwa mekanisme PAW tersebut tertera dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.


Menurutnya, proses PAW akan berlangsung di KPU RI dengan rentang waktu sekitar dua pekan setelah DPP Partai Golkar mengajukan permohonan.


 “Rentang waktu (proses PAW) tergantung partai mengurusnya, kalau prosesnya di KPU tidak sampai dua pekan,” kata Herry. 


Alat peraga, pamflet Rivandra saat Pileg 2019 (ist)

Lampung, Riswan Toni

Selain DPR RI asal pemilihan Bogor, PAW bakal terjadi buat wakil rakyat asal Lampung. Yakni, Riswan Toni (RT) yang saat ini tengah berproses untuk pengurusan PAW.  Nama Riswan Toni, bakal menggantikan Azis Syamsuddin yang kini telah divonis (inkrah) karena keterlibatanya dengan kasus hukum di KPK.


Dari 10 calon legislatif DPR RI dari Partai Golkar Dapil Lampung II tahun 2019, partai yang diketuai Airlangga Hartarto ini memperoleh 281.277 suara.


Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, ketika Pileg 2019 berada di urutan pertama dengan jumlah suara 104.042. Kemudian disusul Ir. Hanan A. Rozak dengan jumlah suara 31.016 yang sudah duduk di Senayan dan Drs. H. Riswan Tony DK dengan jumlah suara 15.774.


Sehingga, nama yang berpeluang kuat menggantikannya adalah Drs. H. Riswan Tony DK yang perolehan suaranya berada di urutan ke tiga di Dapil Lampung II, meliputi Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Mesuji.


"PAW itu otomatis yang menentukan adalah perolehan suara di KPU, kita gak bisa sebut orangnya siapa karena datanya di KPU, kita juga gak bisa intervensi," kata Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus, ditemui di Lampung, pekan lalu, (7/3/22).


Sebelumnya, Ihsan Firdaus -- menjabat anggota DPR RI selama dua periode (2014-2019 hingga 2019 -2022) --  meninggal dunia di Yogyakarta pada Minggu dini hari. 


Ichsan Firdaus mengembuskan napas terakhir saat merampungkan proses pengambilan gelar dokter di Universitas Gadjah Mada (UGM).


Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Bogor itu meninggal dunia karena terkena serangan jantung saat berada di Yogyakarta. (dbs/inilampung)

LIPSUS