Cari Berita

Breaking News

Rifo Darma Saputra Dikukuhkan Pimpin Forkami

Dibaca : 0
 
Kamis, 31 Maret 2022

INILAMPUNG, JAKARTA--Forum Komunikasi Artis Minang Indonesia (Forkami) periode 2022-2025 dikukuhkan. Rifo Darma Saputra, SH, MM., terpilih menjadi Ketua Umum.


Acara pengukuhan dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sumatra Barat Syaifullah MM--yang mewakili Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo, di Ibis Styles Grand Icon Complex di Jatibening, Bekasi, pada 30 Maret 2022.


Kadisbud Syaifullah menyampaikan permintaan maaf Gubernur Sumatra Barat yang tak bisa hadir di Bekasi karena sedang memiliki agenda lain di Padang pada saat bersamaan.


“Namun Bapak Gubernur menyambut gembira Forkami yang diharapkan bisa membangkitkan nama artis-artis Minang di kancah nasional selain melestarikan kekayaaan budaya dan kesenian Minangkabau yang kaya,” ujarnya. 


Kesempatan itu, Kadisbud Syaifullah berjanji akan memfasilitasi para artis Minang tanah air apalagi di bawah kepimpinan Rifo Darma Saputra, 32 tahun, yang sejak pandemi Covid-19 merebak sudah menggerakkan program Sejuta Sajadah bagi masjid dan surau, bukan saja di Sumatera Barat melainkan juga ke tempat lain seperti Nusa Tenggara Timur, seperti dilakukan dua pekan lalu. 


"Ini inspirasi positif bagi generasi muda Minangkabau,” katanya.


Ketua Umum Rifo Darma Saputra dalam sambutannya menuyatakan prihatin dengan kehidupan artis dan seniman Minangkabau yang ikut terdampak berat akibat pandemi Covid-19 sejak awal 2020. 


“Oleh karena itu saya akan berusaha meningkatkan taraf hidup para artis dan seniman Minangkabau selama masa pengurusan saya sampai tiga tahun ke depan dengan berbagai program. Secara pribadi saya juga melihat adanya peluang bagi seniman muda Minangkabau untuk berkarya secara nasional dan internasional seperti pernah ditunjukkan artis Minang besar Elly Kasim dan Tiar Ramon. Setelah keduanya wafat kini sulit dicari pengganti mereka. Namun insya Allah dari Forkami akan muncul para seniman muda yang bisa menyamai bahkan melebihi nama besar keduanya.”


Sosiolog senior  Universitas Indonesia, Associate Prof. Dr. Ricardi S. Adnan, yang memberikan sambutan sebagai tokoh masyarakat Minang di Jakarta menyatakan optimismenya bahwa Forkami yang dibentuk atas basis kesamaan kultural dan kekuatan solidaritas sosial akan mampu berkiprah maksimal. 


“Contoh-contoh seperti Forkami dari kebudayaan lain di tingkat nasional dan internasional menunjukkan mereka bisa jalan meski di tengah disrupsi budaya global yang tinggi,” ujar mantan Kaprodi Pascasarjana Sosiologi UI dan mantan Direktur UI Press yang berdarah Solok ini.  


Di antara jajaran Dewan Pembina Forkami terdapat Jon Firman Pandu Rajo Bendang, Wakil Bupati Solok, Sumatra Barat, periode 2021-2024, yang juga hadir saat peresmian dan memberikan kata sambutan. (*/inilampung)

           

            

LIPSUS