Cari Berita

Breaking News

Sastri Bakry Pimpin Satupena Sumatera Barat

Dibaca : 0
 
Sabtu, 19 Maret 2022


INILAMPUNG, PADANG -- Satupena Sumatera Barat dikukuhkan, Sabtu (19/03/2022) malam.

Pengukuhan pengurus Satupena Sumatera Barat yang diketuai Sastri Bakry dilakakukan koordinator Satupema Sumatera, Anwar Putra Bayu mewakii Ketua Umum, Denny JA.

Dalam sabutan tertulis yang dibacakan Anwar Putra Bayu, Denny mengatakan bahwa Sumatera Barat adalah ibu kandung para penulis besar.

"Sumatra Barat telah melahirkan begitu banyak penulis besar.  Hamka lahir di sini, seorang penulis yang  juga seorang ulama. Asrul Sani dan Muhammad Yamin juga lahir di Sumatera Barat. Mereka berdua tokoh yang mewarnai perjalanan sastra Indonesia," kata Denmy.

Belum lagi penulis yang juga sekaligus negarawan Indonesia, yakni Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Mohammad Natsir, dan Tan Malaka. 

"Mereka putra kandung Sumatra Barat yang bahkan mewarnai perjalanan negara Indonesia. Dan tentu banyak lagi penulis-penulis terbaik Sumatera Barat yang bisa saya sebut satu per satu di sini. Sepeeti A.A. Navia, Darman Moenir, Harris Effendi Thahar, dan lainnya," lanjut Denny yang dikenal sebagai konsultan politik itu. 

Ini sebuah kebetulan yang membawa berkah, lanjut Denny, pengurus Satupena yang pertama kali dikukuhkan di 34 provinsi Indonesia, juga Satupena dari Sumatra Barat.

Dalam kesempatan itu, penggagas puiai esai ini mengucapkan selamat kepada Sastri Bakry yang memimpin Badan Pengurus Satupena Sumatra Barat. 

"Sejak awal sekali, Ibu Sastri Bakry sudah menunjukkan leadership, passion, vision tak hanya selaku penulis, tapi juga selaku penggerak kebudayaan."

Denny JA memohon maaf tak bisa hadir secara fisik, karena masih membatasi diri dalam situasi pandemik. 

"Tapi sambutan tertulis ini mewakili rasa bangga dan antusiasime saya, mengukuhkan badan pengurus  Satupena Sumatra Barat," katanya.

Denny berharal di tangan Sastri Bakry dan sahabat lain, apalagi bersinergi dengan tokoh daerah seperti Gubernur Sumatra Barat, juga bapak Gamawan Fauzi, dan tokoh lain yang tak bisa disebutkan satu persatu, Satupena Sumatra Barat akan membangkitkan kembali provinsi ini sebagai Ibu kandung para penulis besar.

Satupena Sumatra Barat diharapkan ikut menghidupkan kota dan desa sebagai kota dan desa literasi. 

"Semoga Satupena Sumatera Barat sukses menjalankan program kerjanya," harap Denny di akhir sambutannya.(bdy/inilampung)

LIPSUS