Cari Berita

Breaking News

Sibuk Bisnis Konveksi, Mahasiswi Cantik Raih Wisudawan Terbaik

INILAMPUNG
Kamis, 24 Maret 2022

Anjali Sriwijbant merupakan wisudawati terbaik UIN Raden Intan (ist/inilampung)

INILAMPUNG.COM - Semangat kemandirian dan wirausaha di kalangan anak muda, harus ditopang kesuksesan studi. Kesimbangan sibuk berbisnis di bidang konveksi dan percetakan, tak membuat prestasi akademik mahasiswi cantik di UIN Raden Intan, Lampung, Anjali Sriwijbant ini berkurang. 


Bahkan, kemampuan menyeimbangkan antara kuliah dan berbisnis, menurut dia, memudahkan belajar.


Anjali Sriwijbant merupakan wisudawati terbaik. Ia dinobatkan sebagai lulusan terbaik universitas UIN Raden Intan Lampung pada Upacara Wisuda Sarjana (S1) dan Program Pascasarjana (S2 dan S3) Periode I Tahun Akademik 2022. Wisuda itu digelar secara hybrid di Gedung Auditorium UIN Raden Intan, Rabu 23 Maret 2022.


Mendapat gelar sebagai lulusan terbaik se-universitas, membuat story beberapa media sosial, dipenuhi ucapan selamat untuk Anjali. Semua itu terlihat di instastory miliknya.


Selain banyak berkiprah di dunia usaha, mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan tersebut, berhasil mendapatkan predikat Cum Laude usai meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,83. 


Menjadi wisudawati terbaik jenjang sarjana, menurut alumnus Pelatihan Kewirausahaan Nasional itu, selain serius dijalani ketika kuliah, juga berkat dukungan kedua orang tua dan teman-teman dekatnya.


"Berkat dukungan dan doa orang-orang terdekat. Khususnya kedua orang tua serta bimbingan dan arahan para dosen pembimbing," kata gadis berusia 21 tahun itu.


Namun yang paling penting, jelas dia, niat untuk segera menyelesaikan studi dan tugas akhir skripsi, merupakan yang paling penting. "Menurut aku memang harus dari niat dulu," kata pemilik konveksi BEE yang berada di Jalan Antasari, Bandarlampung itu. 


Tak bisa dipungkiri, menurut dia, tantangan terbesar bagi anak muda sekarang ini melawan rasa malas. "Bukan soal kemampuan dan kepandaian akademik," katanya.


Meski terus berusaha untuk memberikan hasil terbaik, bukan berarti Anjali tak pernah merasakan titik terendah saat merampungkan tugas akhir. Itu tepatnya kala tengah mengerjakan BAB 4 dan 5 pada skripsi.


"Sempat down, tapi balik lagi pentingnya untuk memotivasi diri sendiri karena itu hanya bisa dilakukan oleh kita sendiri, kalau kata orang tua tidak ada yang tidak bisa, asalkan mau usaha," ucap putri pasangan Hafani dan Siti Romlah tersebut.


Cara Membagi Waktu


Diwawancarai inilampung.com, Kamis, 24 Maret 2022, Anjali berbagi tips cara membagi waktu menyeimbangakan antara kuliah dan bisnis. 


"Cara membagi waktunya tentu saya selalu melakukan to do list setiap hari, disiplin, dan yang terpenting, tidak menunda pekerjaan." 


Anjali menjelaskan bagaimana dirinya bisa fokus dalam bekerja dan belajar. "Saya fokus terhadap pekerjaan saya. Bagi saya, fokus itu bukan satu. Tapi fokus itu serius. Serius sama apa yang kita kerjakan, dan diselesaikan dengan penuh rasa tanggung jawab," kata dia.


Sukses di dunia usaha dan menoreh predikat Cum Laude dengan IPK 3,83 dan jadi wisudawan terbaik di UIN Raden Intan, tak membuat Anjali berpuas diri, dia berencana untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yakni, menempuh program studi magister (S2). Oleh karenanya, prestasi ini diakui menjadi modal awal.  


"Insya Allah mau lanjut S2 di UIN Raden Intan, sekaligus menfokuskan usaha aku di bidang konveksi dan percetakan," kata dia.


Namun yang pasti, jauh sebelum jadi wisudawan terbaik, Anjali sudah menatal mimpinya sejak awal masuk UIN. 


"Saya tidak menyangka bisa menjadi mahasiswi terbaik. Itu hanya sekedar impian saya, salah satu wish list yang saya tulis saat saya diterima menjadi Mahasiswi Baru UIN Raden Intan Lampung." (*)

LIPSUS