Cari Berita

Breaking News

UKMF Ibroh Gelar Workshop Penulisan Esai untuk Mahasiswa dan Umum

Dibaca : 0
 
Minggu, 13 Maret 2022


INILAMPUNG, BANDARLAMPUNG -- Departemen Ilmiah dari Bidang Minat Bakat Mahasiwa, UKM-F IBROH (UKM BAPINDA) menggelar training penulisan esai bagi mahasiswa dan umum, Minggu (13/03/2022) melalui zoom meeting.

Kegiatan ini dijadwal 3 kali pertemuan dan narasumber Fitri Angraini, S.S., M.Pd., dosen PGMI Fak Tarbiyah UIN RIL.

Training Karya Tulis Ilmiah (Pelatihan Esai) diikiuti 84 peserta. Dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam penulisan esai, sehingga mahasiswa bisa menulis esai  dengan baik. Bahkan diharapkan bisa membuat karya tulis Ilmiah dalam bentuk bunga rampai (antologi).

Peserta diikuti dari utusan umum, LDK UIN RIL, Biromah UNILA, Madani ITERA, Arahman Teknokrat, dan Subulusalam POLITEKNIK, perwakilan dosen STKIP, PGRI, dan beberapa dosen tarbiyah, serta dosen dari UT.

Acara ini berlangsung dengan baik, kondusif, dan aktif. 

Menurut Ketua Umum UKMF Ibroh, Ahmad Bahri Al Ghozali, peserta bersemangat dalam mengajukan pertanyaan dan tanggapam mengenai kegiatan ini.

"Masya Allah dapat insight baru belajar esai. Pemaparan narasumber yang ringan dan mudah dipahami," katanya.


Sementara Ketua Bidang MBM UKMF Ibroh, Muzammil R. Prawi, menjelaskan acara tadi  Alhamdulillah berjalan lancar.  "Pematerinya sangat bagus, wawasannya sangat banyak sehingga memberikan materi dengan sangat baik."

Fitri Angraini pada hari pertama, memaparkan tentang perbedaan penulisan kolom, tajuk, opini, serta esai. Ia juga membicarakan ihwal karya sastra.

Dia mencontohkan tulisan tajuk di media pemberitaan. "Tajuk adalah tulisan sebagai sikap dan pandangan media (lembaga) dan ditulis dari hasil diskusi redaktur tentang masalah yang aktual saat itu," ujar Fitri Angraini. 

Ia berharap, setelah pertemuan ini peserta dapat menulis esai, kemudian dijadikan buku. 

"Misalnya bisa megangkat tema pendidikan di saat pandemi, dan lainnya," ujar penulis buku Dunia Kreatif Isbedy Stiawan ZS dari tesis S.2 di FKIP Unila dan sejumlah puisinya masuk antologi para dosen Lampung. (bdy/inilampung)
 
 
 
 
 

LIPSUS