Cari Berita

Breaking News

Yuk Cari Tau Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

INILAMPUNG
Rabu, 09 Maret 2022


INILAMPUNG.COM - Banyaknya jenis kosmetik, terkadang membuat kaum wanita sulit memutuskan,  apa yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan  kulitnya. Terlebih bagi Anda yang tidak terlalu suka berdandan atau memakai make up


Pastinya kurang memahami macam-macam kosmetik serta manfaatnya bagi kecantikan kulit dan wajah. Seperti perbedaan sunscreen dan sunblock yang sering kali dianggap sama, namun faktanya memiliki beberapa perbedaan.


Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Mayoritas banyak anggapan bahwa sunscreen dan sunblock,  adalah dua jenis kosmetik yang sama. Meskipun sama-sama bersifat sebagai tabir surya, tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya sunscreen dan sunblock tersebut memiliki perbedaan? Lantas seperti apakah perbedaan sunscreen dan sunblock tersebut? Bagusan sunblock atau sunscreen untuk menjaga kecantikan kulit? Yuk, cari tahu.


1. Bagaimana Cara Sunscreen dan Sunblock Bekerja?

Sama-sama berfungsi sebagai tabir surya, namun dari cara sunscreen dan sunblock bekerja, terlihat perbedaan diantara keduanya. Sunscreen bekerja menyerap sinar ultraviolet demi mencegahnya masuk ke dalam lapisan kulit. Sedangkan sunblock bekerja dengan cara memantulkan sinar ultraviolet sebelum benar-benar menembus kulit. 


2. Kandungan Zat Dalam Sunscreen dan Sunblock

Kandungan zat dalam sunscreen adalah bahan kimia seperti oxybenzone atau avobenzone yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi sering menimbulkan resiko alergi kulit. Namun untuk sunblock, yang menjadi kandungan zatnya adalah titanium oksida atau seng oksida yang terbilang tebal tetapi minim resiko alergi. 


3. Perbedaan Tekstur

Tekstur sunscreen lebih tipis dan sangat mudah merata di  seluruh permukaan kulit saat dioleskan. Warnanya pun tidak terlalu pekat. Beda halnya dengan sunblock yang bertekstur tebal dan berwarna pekat, sehingga sedikit menyulitkan Anda saat mengoleskan krim pada wajah dan tubuh. Untuk itulah sunblock hanya difungsikan sebagai pelindung dari panasnya matahari, daripada dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. 


4. Waktu Pengolesan Sunscreen dan Sunblock

Untuk sunscreen yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet agar tidak dapat mencapai lapisan kulit, maka alangkah baiknya jika mengolesnya antara 15 sampai dengan 30 menit sebelum beraktivitas. Sedangkan sunblock bisa langsung dioleskan di kulit, karena fungsinya hanya memantulkan sinar matahari.


Nah, itulah empat perbedaan dari apa itu sunscreen dan sunblock yang wajib Anda ketahui. Lalu bagaimana cara tepat memilih sunscreen dan sunblock tersebut?


Cara Tepat Memilih Sunscreen dan Sunblock

Setelah mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock, maka inilah cara tepat memilih keduanya sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari.


1. Teliti  Kandungan Zat

Ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu kandungan zat dalam sunscreen dan sunblock sebelum membelinya.  Pastinya pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Sebab ada kalanya produk sunscreen dan sunblock ini,  dilengkapi dengan wangi parfum dan bahan pengusir nyamuk, sehingga sangat tidak baik jika dioleskan pada tubuh berkali-kali. 


2. Kenali Istilah Tabir Surya

Pada dasarnya tabir surya memiliki dua istilah umum yaitu broad spectrum dan SPF atau Sun Protective Factor. Dimana ketika produk tabir surya berlabel broad spectrum,  itu artinya produk berpotensi melindungi kulit  dari paparan sinar UVA penyebab penuaan dini, dan juga UVB yang dapat mengakibatkan kulit Anda terbakar. Sedangkan SPF adalah faktor penentu seberapa baik dan berapa lama,  produk akan melindungi kulit dari sinar matahari.


Berikut Ini Rekomendasi Sunscreen Wardah

Dari sekian banyak produk sunscreen dan sunblock, Wardah mempunyai 4 rekomendasi produk tabir surya,  yang layak Anda pilih untuk menjaga kecantikan kulit.


1. Produk Wardah UV Shield Active Protection Serum Dengan Kandungan SPF 50

Merupakan varian yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA, UVB bahkan sinar biru dari perangkat seperti laptop, komputer dan handphone. Dikemas minimalis dalam kemasan plastik dengan warna orange, sunscreen ini memiliki SPF hingga 30, tidak mudah luntur, non alkohol dan cocok untuk semua jenis kulit.


2. Produk Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Sunscreen Wardah yang berbentuk gel ini sangat praktis dan mampu bertahan hingga 5 jam. Dilengkapi dengan vitamin E dan lidah buaya, sehingga sunscreen ini tak hanya melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, namun sekaligus memberikan kelembaban serta menutrisi kulit. Sayangnya sunscreen ini tidak ramah untuk semua jenis kulit karena sedikit mengandung alkohol.


3. Produk Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence Dilengkapi SPF 50

Varian dengan kandungan SPF 50 ini,  selain melindungi kulit dari sinar UVA, UVB dan blue light, ternyata juga bermanfaat mengurangi efek kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Dengan tekstur agak cair, varian sunscreen wardah ini tidak cocok untuk semua jenis kulit, serta butuh waktu agak lama untuk dapat menyerap sempurna dalam kulit.


4. Produk Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Edisi Umroh dan Haji

Dengan SPF 30, produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang beribadah haji dan umroh. Selain SPF 30, sunscreen ini juga dilengkapi dengan pro vitamin B5, lidah buaya dan vitamin E, sehingga bermanfaat untuk antioksidan,  menutrisi, dan melembabkan kulit. Produk  ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena tidak mengandung alkohol. 


Nah, itulah rekomendasi 4 varian sunscreen wardah yang dapat Anda manfaatkan untuk memelihara kesehatan kulit tubuh dan wajah. Dan kini produk sunscreen tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs belanja Blibli,  sebagai salah satu tempat belanja online terbesar di Indonesia.


Mengapa demikian? Sebab Blibli menyediakan berbagai produk secara lengkap,  yang tersebar di banyak toko online di dalamnya. Tak terkecuali jika Anda ingin membeli produk sunscreen dari Wardah ini.


Tak hanya itu. Berbelanja di Blibli, memberikan kemudahan dan keamanan dalam hal pemesanan, pembayaran,  hingga pengiriman produk. Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing dan terjangkau oleh semua kalangan. 


Nah, tunggu apalagi? Yuk, dapatkan produk sunscreen wardah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda sekarang juga hanya di Blibli.(zal/inilampung)

LIPSUS