Cari Berita

Breaking News

Ali Imron Lakukan Pembinaan Kebangsaan, Diikuti Ratusan Siswa

INILAMPUNG
Sabtu, 23 April 2022

Anggota DPRD Provinsi Lampung, Ali Imron melakukan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMK YPI 2 Wayjepara Lampung Timur.

INILAMPUNG, Wayjepara -- Sekitar dua ratus siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) 2 Wayjepara, Lampung Timur, mengikuti Sosialisasi dan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PWK).

 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Islam (YPI) 2 adalah lembaga pendidikan berbasis kejuruan, dengan berbagai bidang. Ada otomotif, bangunan, dan keterampilan.

 Mereka yang mengikuti sosialisasi IPWK, hari itu berasal dari jurusan farmasi serta manajemen dan bisnis.

Yang menariknya lagi, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu 23 April 2022, juga diikuti para dewan guru dan staf sehingga suasana keakraban tercipta saat sesi dialog atau tanyabjawab. 


Pada sesi dialog, Ali Imron yang mantan aktivis mahasiswa itu membuat games games soal yang harus dijawab peserta. Bagi yang bisa menjawab, maka doorprize pun dibagikan pada yang bisa  menjawab soal dengan bener.

Soal  yang dibuat beragam. Diantara siapa nama Gubernur Lampung yang juga ketua Partai Golkar. Lalu, siapa yang hafal lagu kebangsaan, dan soal -soal lucu seperti siapa yang membawa foto pasangan suami (istri) dalam selipan isi dompet mereka masing-masing.


Arus Informasi Global
Dibagian lain,  wakil rakyat kelahiran Lampung Timur itu mengingatkan tentang pentingnya melakukan pembinaan IPWK terhadap para siswa dan generasi muda.

Pada era teknologi informasi yang berkembang begitu cepat, menurut Imron, memiliki dua sisi positif dan negatif. Positifnya, masyarakat diera digitalisasi, adalah kemudahan memperoleh informasi  cepat.

Namun, negatifnya, masyarakat juga dengan mudah menjadi target penyebaran berita bohong atau hoaks. Bahkan, fitnah dan paham negatif atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila (budaya Indonesia).

Karena itu, Imron menegaskan pentingnya pembinaan IPWK diberikan generasi muda. Tujuannya, agar generasi penerus lebih selektif menerima informasi.

Sementara narasumber pembinaan IPWK, Pujiono dari Koramil 429-07 Lampung Timur, mencontohkan bentuk pengamalan IPWK antara lain, belajar dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, Pujiono juga berpesan kepada para siswa agar berakhlak yang baik. Menghormati guru dan berbakti kepada kedua orangtua.

Menurut dia, para siswa adalah calon penerus bangsa. Karena itu, selain memilki prestasi yang tinggi, juga harus berakhlak yang baik. (mfn)


LIPSUS