-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

3 Pj Bupati Lampung Sudah Masuk Depdagri

INILAMPUNG
Sabtu, 07 Mei 2022

 



INILAMPUNGCOM - Diam-diam, Pemda Provinsi Lampung telah memasukkan sejumlah calon Pj (penjabat) kepala daerah kepada Menteri Dalam Negeri, untuk mengisi posisi penjabat (Pj) Bupati di Lampung. 


Total nama yang diajukan ke Mendagri ada 9 orang berpangkat eselon II. "Tetapi, desas-desus yang hampir kongkrit baru tiga," kata seorang sumber pejabat di kantor Gubernur, Sabtu.


Ketiganya, adalah Kepala Dinas Pendidikan Sulpakar untuk pos Pj Bupati Mesuji. Lalu, Adi Ardiyansyah untuk Pj. Bupati Pringsewu, dan Budi Darmawan -- untuk di posisi Pj Bupati Tulangbawang Barat.


Jika info itu benar, maka Sulfakar menjadi langganan paling sering mengisi jabatan (Pj) kepala daerah yang bakal menggelar Pilkada. 


Nama Sulpakar pernah tercatat, Pj Walikota Bandarlampung, dan Pj. Lampung Selatan. Kini, di era kepemimpinan Gubernur Arinal Djunaidi --  pria kelahiran kabupaten Way Kanan itu -- kembali  diproyeksikan untuk menjabat Pj Bupati Mesuji.


Tokoh kedua,  Kepala Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Adi Erlansyah, di plot sebagai Pj Bupati Pringsewu menggantikan Sujadi serta wakilnya Fauzi yang akan berakhir periode  tugasnya tanggal 22 Mei 2022.


Pejabat yang ketiga, Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (SDA) Budi Darmawan. Dia, sedang diajukan menempati sebagai Pj Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggantikan Umar Ahmad dan wakilnya Fauzi Hasan.


Kabag Kerjasama, pejabat Negara dan Legislatif Pemprov Lampung, Koharuddin -- meski tak menyebutkan nama -- saat dikonfirmasi membenarkan adanya sejumlah pejabat setingkat kepala dinas yang kini sedang berproses menunggu surat keputusan di Kemendagri.


"Saya hanya bisa menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sedang mengajukan nama-nama untuk menjadi Pj bupati di tiga kabupaten tersebut ke Mendagri" kata Koharuddin, Sabtu 7 Mei 2022.


Koharuddin tampaknya masih pelit, tak mau menyebut soal nama-nama pejabat yang diajukan. Dia beralasan, bukan kewenangannya untuk menyampaikan hal tersebut.


"Saya hanya bisa menyampaikan prosesnya. Untuk jelasnya, tentu setelah surat keputusan dari Mendagri."


Di Lampung, dalam bulan Mei 2022, terdapat 3 bupati habis periodernya. Yakni, Pringsewu, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.


Sementara pada bulan Desember 2022 mendatang, akan ada lagi dua kabupaten yang juga mengalami hal sama. Yakni, Lampung Barat, dan Tulangbawang.

 

Dua kabupaten yang masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir di bulan Desember yakni Kepala Daerah Lampung Barat Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin dengan akhir masa jabatan 11 Desember 2022.


Kelima, Kepala Daerah  Tulang Bawang Winarti dan wakilnya Hendriwansyah akhir masa jabatannya jatuh pada 18 Desember 2022. (*)




LIPSUS