-->
Cari Berita

adsense google

Breaking News

Anies Baswedan Mendapat Gelar Adat Lampung, Tuan Penata Negaro

INILAMPUNG
Minggu, 08 Mei 2022

 


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat gelar adat Lampung, Tuan Penata Negaro, Minggu 8 Mei 2022. (dok.rmol)

 

INILAMPUNGCOM -- Kunjungan Anies Baswedan ke Lampung terus mendapat sambutan meriah. Hari ini, Minggu, 8 Mei 2022, Gubernur DKI Jakarta itu disambut melalui begawi (pesta) adat serta mendapat gelar kehormatan dari pemerintah daerah Tulang Bawang Barat (Tubaba).


Gubernur DKI Jakarta itu (Anies Rasyid Baswedan) tiba di Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, Minggu (8/5) sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan pesawat helikopter, mendarat di halaman Mapolresta Tubaba.


Anies Baswedan yang mengenakan baju adat Lampung Pepadun lengkap dengan sarung khas Lampung dan kopiah emas. 


Ia menaiki kereta kencana berkepala Burung Garuda dan disambut arak-arakan masyarakat menuju ke Sesat Agung Bumi Gayo. 


Teriakan Anies Presiden terus bergema di sekitar arena.  Masyarakat Tubaba pun menyapa Anies Baswedan dengan salam khas Lampung "Tabik Pun".


"Terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama," bunyi yel-yel yang dinyanyikan masyarakat dan Guru Penggerak sebelum Anies Baswedan masuk ke Sesat Agung bumi Gayo.




Gelar Tuan Penata Nagaro

Sebagai tokoh masuk masuk nominasi sebagai Calon Presiden RI pada Pemilu 2024, Anies tampak cukup wibawa, saat diarak menuju ke sesat agung Bumi Gayo kompleks Islamic Center Tubaba. 


Di sana telah menunggu para tokoh adat, dan ratuasan tokoh masyarakat Tulangbawang Barat. Mereka tampaknya, telah merindukan Anie Baswedan dan siap untuk mengikuti prosesi pengambilan gelar adat Suttan dari Pemerintah Kabupaten Tubaba.


Terlihat diarena tempat begawi adat, sejak persiapan penyambutan rapi. Banyaknya taruf, dan kursi yang terpasang menunjukkan bahwa kedatangan Anise memang telah direncanakan sejak lama, bukan tiba-tiba.


Antusias dilakukan oleh anggota federasi adat Marga Empat, para kepala SKPD, kepala tiyuh, dan warga.


Ketua federasi adat Marga Empat, Herman Artha,bergelar Suttan kuasa Marga dalam surat keputusan yang ditandatanganinya atas nama federasi adat Marga Empat Kabupaten Tulangbawang barat Lampung Nomor  SK.007/FAM.IV/TBB/2022. Dialah yang memberikan nama gelar untuk Anies Baswedan.


Pemberian gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba kepada gubernur DKI Jakarta, tersebut dasarkan atas hasil keputusan Pepung adat Marga Empat Kabupaten Tulangbawang Barat pada hari Jum'at tanggal 29 April 2022 di unggak sesaat Agung bumi Tulangbawang Barat.


Pepadun Sutan Marga indah suku tepuk Daghak tiyuh Panaragan Marga Tagemo'an.


"Memutuskan H. Tuan Anies Rasyid Baswedan diberikan gelar kehormatan oleh masyarakat adat Kabupaten Tulangbawang Barat  dengan gelar Tuan Penata Negaro," kata Sutan kuasa Marga.


SK tersebut, diteken ketua federasi adat Marga Empat, dan Sekertaris nya, Abdullah Tuan Tehang Ratu dan di ketahui oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad. (IL-2/*)


LIPSUS