Cari Berita

Breaking News

Prodi Senirupa ISI Yogyakarta Gelar Pameran "Berawal dari Keraguan". Ini Agendanya

Rabu, 18 Mei 2022



INILAMPUNG.COM, Yogyakarta -- Pameran Seni Rupa "Insecare (Berawal dari Keraguan)" yang digelar Prodi S-1 Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta akan dihelat di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, 19–21 Mei 2022. 

Adapun agendanya, pembukaan pada 19 Mei 2022, pukul 10.00 wib. Dibuka oleh Tambak Sihno Purwanto, S.Pd., M.A. (staf pengajar Prodi S-1 Tata Kelola Seni).

Lalu penutupan pada 22 Mei 2022, pukul 15.20 WIB. Akan di isi dengan pertunjukan musik, yakni PHD, The Wirox, Riinggootzz, Condoom, Throwback Vault, Somniare, Paraphernalia, DATC, dan Menahem.

Pameran senirupa mahasiswa S-1 Program Studi Tata Kelola Seni ini dikuratori Marcia Suci dan Nabila Yola.

Menurut Marcia Suci, mata kuliah "Tinjauan Kelola Pameran 1" Program Studi S-1 Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta ini melahirkan Kolektif Yuksemangart sebagai respon dari tugas mata kuliah. 

Kolektif ini, katanya, terdiri mahasiswa dari tiga jurusan di Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta. Tema pameran mengangkat dan bertajuk “insecare”.

Dutambahkan kurator lainnya, Nabila Yola bahwa kegiatan ini karena meningkatnya intensitas kepedulian akan rasa insecure (rasa tak percaya diri) menjadi latar belakang pameran. 

"Karena itu pameran ini menjadi media ekspresi rasa insecure tersebut. Tak lupa pameran ini sebagai bentuk titik balik melawan rasa insecure tersebut. Maka tercetuslah judul "insecare" (paduan antara "insecure" dan "care")," katanya, Selasa (18/05/2022).


Bersama para perupa nasional Dedy Sufriadi, Lutse Morin, dan Syam Terrajana, serta 17 seniman hasil seleksi terbuka merespon tema pameran yang digelar di Ruang Sultan Agung Lt. 2, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Dalam pameran ini juga diadakan pasar karya seni sebagai media jual beli lukisan. Terdapat pula "live mural" pada hari pertama pameran serta bincang seni pada hari kedua. Pameran akan diakhiri dengan gelaran seni pertunjukan pada 22 Mei 2022, dengan menampilkan sejumlah grup musik di panggung rigging Taman Budaya Yogyakarta.

Meski belum sepenuhnya terlepas dari pandemi, kegiatan ini diharapkan mampu mengobati rasa rindu akan pameran luring. Segala bentuk apresiasi tentu sangat berharga dan menciptakan atmosfer baru dalam penyelenggaraan pameran berikutnya. Tanpa pameran seni, rasanya hidup seperti tak berarti. Nah, karena itu, jangan lupa nonton, agar insecare dalam diri kita tumbuh dengan baik. (rls/inilampung)
 

LIPSUS