Cari Berita

Breaking News

Rest Area Pringsewu, Titik Kumpul dan Wisata Para Pemudik

INILAMPUNG
Minggu, 08 Mei 2022

Reas Area Tugu Bambu Selamat Datang Pringsewu menjadi tempat favorit untuk beristirahat dan janjian tempat kumpul.

INILAMPUNG, Pringsewu -- Pulang kampung atau mudik, menjadi tradisi tahunan masyarkat Indonesia setiap Idul Fitri.

Ratusan ribu atau bahkan jutaan warga berduyun-duyun menuju kampung halaman saat menjelang lebaran. Dan, kembali ke kota atau tempatnya bekerja setelah usai merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung.

Antusias warga mudik, membuat seluruh sarana transportasi umum, darat, laut maupun udara disesaki penumpang. Belum lagi warga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor.

Akibatnya, jalanan tidak hanya padat. Tetapi di sejumlah tempat menjadi macet. Seperti saat menuju pelabuhan penyeberangan. Pada saat tertentu, warga harus menunggu berjam-jam untuk memperoleh giliran menyeberang.

Macetnya perjalanan dan lamanya waktu yang ditempuh, menjadi cerita tersendiri bagi para pecinta mudik.

Karena itu, sebagian masyarakat yang melakukan aktivitas mudik atau balik, beberapa kali berhenti untuk sekadar melepas lelah.

Salah satu tempat favorit bagi para pemudik untuk beristirahat di Kabupaten Pringsewu yakni lokasi Rest Area KM 37 Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar) di Pekon Wates, Kecamatan Gadingrejo.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua, tampak beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju kota tujuan.

Momen itu digunakan para pemudik sekaligus berwisata dengan berfoto ria di tempat singgah. Apalagi, di rest area Pringsewu juga miliki tempat spot menarik untuk diabadikan melalui hape.

Pemudik dapat menikmati pemandangan alam berupa hamparan persawahan yang luas dengan berlatang belakang pegunungan dan deretan perbukitan nan hijau.

Selain itu, nampak gagah dan kokoh sebuah Gapura Selamat Datang di Ibukota Kabupaten Pringsewu yang berbentuk lengkungan bambu kuning berukuran besar yang membentang diantara kedua sisi jalan yang menjadi salah satu ikon Pringsewu. Juga menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan background foto.

Begitu pula latar belakang dengan tulisan "Pringsewu" berukuran besar berwarna merah menyala yang berada di tengah areal persawahan tak jauh dari rest area tersebut juga banyak dikunjungi orang untuk diabadikan.

Iwan, pemudik sepeda motor dari Krui, Kabupaten Pesisir Barat, yang akan balik menuju Jakarta untuk kembali berkerja, mengaku sengaja beristirahat di Rest Area KM 37 Jalan Lintas Barat Sumatera, Pringsewu.

Sebab lokasi itu memang dijadikan titik lokasi kumpul sambil menunggu rekan  sesama pemudik sepeda motor dari berbagai wilayah kabupaten untuk dapat melakukan perjalanan balik bersama-sama ke Jakarta.

Menurut dia, rest area itu juga nyaman untuk istirahat sejenak. Karena tersedia sejumlah fasilitas, seperti toilet dan mushola serta tempat parkir kendaraan cukup luas dan sejuk.

Di samping juga ramai pengunjung atau pemudik yang singgah untuk beristirahat. "Apalagi juga ada petugas di posko pelayanan arus mudik, sehingga terjamin dari segi keamanan. Saat mudik lebaran kemarin, kita juga beristirahat di sini", kata Iwan, Sabtu (7/5/2022) petang.

Dia mengaku berangkat dari Krui pukul 10.00 WIB dan sampai di Rest Area KM 37 Pringsewu pada pukul 16.00 WIB.

Senada diucapkan rekan lain, Yanto dari Lampung Tengah dan Hendra dari Kecamatan Cukupbalak Tanggamus serta Yudi dari Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu.

Mereka berlima jauh hari sudah sepakat akan kembali balik ke Jakarta mengendarai motor secara konvoi. Dengan tempat kumpul di Reast Area Tugu Bambu Pekon Wates tersebut. (tyo)

LIPSUS