Cari Berita

Breaking News

Suzuki akan Tinggalkan Balap MotoGP

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Selasa, 03 Mei 2022


INILAMPUNG, Jakarta - Pabrikan motor Suzuki dilaporkan akan meninggalkan ajang balap motor kelas wahid, MotoGP pada akhir musim ini.

Dilansir dari Crash, beberapa laporan mengatakan anggota tim Suzuki diberitahu tentang rencana mengejutkan ini selama berlangsungnya sesi tes di Sirkuit Jerez usai MotoGP Spanyol pada Senin (2/5/2022).

Menariknya Suzuki sebelumnya telah menandatangani kontrak tetap di MotoGP hingga tahun 2026. Sejauh ini pihak Suzuki masih bungkam terkait kabar mereka bakal meninggalkan MotoGP. 

Hal ini seolah mengindikasikan informasi yang beredar bukan sebatas rumor.

Kabarnya keputusan Suzuki untuk hengkang dari MotoGP akan resmi pada Selasa (3/5/2022) waktu setempat. Kabar yang muncul Suzuki meninggalkan ajang MotoGP karena alasan keuangan.

Suzuki bakal meninggalkan arena MotoGP untuk kali kedua andai memutuskan untuk cabut usai musim ini. Pabrikan asal Jepang itu pertama kali meninggalkan MotoGP tahun 2011 karena mengalami krisis finansial dan kembali pada 2015.

Kondisi ini juga berarti dua pembalap mereka Joan Mir dan Alex Rins harus mencari tim baru untuk MotoGP 2023. Meskipun proses mencari tim baru itu kemungkinan baru akan terjadi pada paruh kedua MotoGP 2022.

Rins sudah membela Suzuki sejak 2017 dan Mir bergabung tahun 2019. Setahun berselang atau tepatnya di MotoGP 2020, Mir berhasil memenangi gelar juara dunia bersama Suzuki.

Kabar kepergian Suzuki usai MotoGP 2022 juga berarti hanya akan ada lima pabrikan pada musim depan yakni Ducati, Honda, Yamaha, KTM, dan Aprilia.

Balapan MotoGP 2022 berikutnya digelar di MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans pada 15 Mei mendatang.(dbs/inilampung)

LIPSUS