Cari Berita

Breaking News

Bawaslu Gelar Rapat Kerja Teknis Hadapi Pemilu Serentak 2024

INILAMPUNG
Kamis, 21 Juli 2022

 Foto bersama pada Rapat Kerja Teknis Bawaslu di Bandung, Jawa Barat.

INILAMPUNG, Bandung -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia menggelar rapat kerja teknis di Bandung, Jawa Barat, 20-21 Juli 2022.

Rapat membahas persiapan, penanganan pelanggaran tahapan pendaftaran partai politik dan pemutahiran data pemilih pada pemilihan umum serentak 2024. Dihadiri Bawaslu provinsi dan 156 bawaslu kabupaten/kota se Indonesia.

Anggota Bawaslu RI, Puadi mengatakan saat ini ada empat Rancangan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) yang dikonstruksi ulang. Termasuk rancangan Perbawaslu terkait penanganan pelanggaran dan investigasi.

"Urgensinya untuk meningkatkan kapasitas pengawas pemilu dan menguatkan proses penanganan pelanggaran," ungkap Puadi saat raker, Rabu 20 Juli 2022.

Terpisah, Anggota Bawaslu Pesisir Barat, Abd. Kodrat yang juga hadir dalam kegaitan tersebut, menjelaskan tujuan raker untuk melakukan pemetaan terhadap potensi pelanggaran pemilu dan tahapan verifikasi partai politik dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Pada rakernis ini, bawaslu provinsi dan bawaslu kabupaten/kota yang diundang menjadi peserta adalah untuk sama-sama mencari solusi dasar hukum serta langkah taktis dan srategi bawaslu berkenan penanganan pelanggaran pemilu dalam tahapan verifikasi parpol dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," katanya. (eva).

LIPSUS