Cari Berita

Breaking News

Festival Puisi Rakyat: Workshop, Diskusi, dan Baca Puisi

Rabu, 20 Juli 2022


INILAMPUNG, JAKARTA -- Festival Puisi Rakyat digelar di Jakarta, Jumat (22/07/2022) dari pagi hingga petang.

Acara yang akan di isi workshop penulisan puisi, peluncuran dan diskusi antologi puisi Minyak Goreng Memanggil yang menghimpun 50-an penyair Indonesia ini bekerja sama dengan Dinas Perpustakakan dan Kearsipan DKI Jakarta-PDS H.B. Jassin.

Koordinator acara, Nanang R. Supriyatin menjelaskan, acara workshop penulisan puisi bagi pelajar dan mahasiswa akan menghadirkan narasumber yakno Mustafa Ismail, Isbedy Stiawan ZS, dan Ariani Isnamurti. Acara dimulai pukul 08.00 hingga 11.30.

Selanjutnya, lepas Jumatan digelar peluncuran, diskusi, dan baca puisi oleh penyair yang masuk dalam buku puisi Minyak Goreng Memanggil, Teater Jalanan Nusantara (TJN), Condet, Jakarta Satan. 

"Untuk diskusi, yang menjadi pembicara adalah Bambang Widiatmoko, Yon Bayu, dan saya sebagai moderator," kata Nanang.

Ditambahkan Nanang, sejumlah penyair yang siap tampil, di antaranya Acep Syahril, Fitri Angraini, Dzakwan Ali, Sulastri (Ule Ceny), Didi Marsudi, Jey Sobarry Buitenzorg, Prawiro Sudirjo, Ratman Aspari, dan lain-lain.

Yang menarik dan sangat diapresiasi, para guru dan seniman dari Sumbawa akan meramaikan dan terlibat membaca puisi. "Di antaranya ibu Sulastri yang puisinya ada di buku puisi ini," ujar Nanang.

Terpisah, Mustafa Ismail yang menggagas sekaligus kurator antologi puisi Minyak Goreng Memanggil bersama Isbedy Stiawan ZS menjelaskan, buku ini terbit merespon langka dan mahalnya harga minyak goreng di pasaran sekira Mei-Juni lalu. 

Para penyair, lanjut dia, menanggapi fenomena kelangkaan minyak goreng di tengah banyaknya kebun kelapa sawit di Tanah Air. "Inilah suara 'rakyat' melalu puisi," ujar dia.

Sementara, Isbedy Stiawan ZS menambahkan, penyair Lampung yang lolos kurasi dan puisinya terhimpun dalam buku ini, yakni Agusri Junaidi, Gufran An'ars, Fitri Angraini, Dewi Rahmawati, dan Andi Wicaksono.

"Saya belum tahu apakah penyair Lampung akan pula hadir di PDS H.B Jassin Komplek TIM Jakarta. Tapi saya berangkat 21 Juli malam bersama Fitri Angraini," jelas Isbedy.

Dinas Perpusip DKI Jakarta akan membeli 20 eksemplar buku Minyak Goreng Memanggil untuk perpustakaan di PDS H.B. Jassin. (zal/bdy/inilampung)


LIPSUS