Cari Berita

Breaking News

Mengintip Dapur Politik Golkar Lampung Persiapkan Pileg 2024

INILAMPUNG
Kamis, 07 Juli 2022
Views



INILAMPUNGCOM --  slow but sure !! (perlahan namun pasti). Inilah yang kini sedang dikerjakan seluruh elemen Golkar di Lampung, menyonsong Pemilu 2024.

Kesibukan nampak jika masuk ruang Pemenengan Pemilu, lantai II Markas DPD Golkar Provinsi Lampung, berjarak 50 meter dari Stadion Pahoman Bandar Lampung. 

Tumpukan map, kertas, puluhan komputer menyala. Sementara sejumlah orang berseragam kuning Golkar, sibuk naik turun tangga membawa lembaran kertas. Mengisi form, dan kemudian menjilidnya hingga berkardus kardus.

"Sudah sebulan ini kantor buka 24 jam, melayani pengurus yang datang dari 15 kabupaten, untuk verifikasi anggota," kata Bambang Purwanto, Kamis 7 Juli 2022.

Sekertaris Pemenangan Pemilu Golkar Lampung  itu mengaku diberi amanat mendata, memverifikasi sekaligus mendafarkan partai partainya ke KPU. 

Saban hari dikantor ini juga berlangsung bimbingan teknis, yang peserta para kader dari semua daerah, secara giliran.

Bagi Golkar, tertib administrasi menjadi bagian penting. Menjadi tolok ukur kinerja kepartaian telah berjalan sesuai tugas pokok ( tupoksi).

Apalagi, semenjak Sekjen DPP Partai Golkar di pegang H. Lodewijk F. Paulus. DPP Golkar terus mengawasi, seluruh pergerakan administrasi sampai ke tingkat kabupaten, bahkan pimpinan desa (pimdes).

Sekjen Golkar Letjen TNI (Purn) H. Lodewijk F. Paulus adalah mantan Danjen Koppasus. "Pak Lodewijk, tertib dan disiplin dalam menjalankan organasi, pengurus semua jenjang harus terverifikasi," kata seorang staf DPD Golkar lain yang tak mau disebutkan nama.

Secara kebetulan, pada pemilu 2019 lalu, pria mualaf itu menjadi wakil rakyat di Senayan, dari.utusan Lampung.

"Dari sini, kami merasa dapat ilmu baru soal betapa dokumentasi dan data pemilih yang nanti terkoneksi dengan data KPU," lanjut  Bambang Purwanto lagi.

Saat ini, verifikasi partai sudah hampir rampung. Tinggal merapikan, 15 kabupaten presclar, dan siap untuk diverikasi sesuai dengan yang diminta KPU.


INVENTARISASI CALEG
Diluar kesibukan mendata pengurus, tak kalah menarik adalah menyeleksi calon anggota DPRD peserta Pemilu 2024.

Soal ini, (nama-nama Caleg Lampung) masih menjadi rahasia Golkar. Semua masih akan dibicarakan pimpinan, yakni ketua DPD Golkar Arinal Djunaidi.

"Posisinya masih tahap inventarisasi, siapa calon anggota DPR, DPRD," kata Sekretaris Golkar Provinsi Lampung, H. Ismet Roni, kepada pers hari Rabu, 7 Juni 2022 lalu.

Secara formal tidak kita umumkan, tapi secara informal sudah ada calon anggota DPR, DPRD baik pusat dan daerah. Bahkan, beberapa sudah melakukan komunikasi dan mendaftarkan diri bergabung di Golkar Lampung.


Karena menjadi Caleg Golkar tak mudah. Harus melalui beberapa tahapan dan mekanisme yang diatur organisasi.

Salah satu yang disebut Ismet Roni, nanti akan ada penugasan kader 200 persen dari jumlah kursi yang ada di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

Misalnya, di Dapil I Lampung. Saat ini, kata ketua Komisi IV DPRD Lampung itu -- di Dapil I kuotanya 10 kursi. Maka akan ada penugasan bakal caleg sebanyak 20 orang.

Nanti dilihat bagaimana kinerja masing-masing yang ditugaskan itu. Kita lihat prestasinya, kita lihat elektabilitasnya. Baru kemudian bisa masuk DCS (Daftar Caleg Sementara). 

"Kan sekarang ini bukan hanya bagaimana dipilih calegnya saja, tapi juga bagaimana bisa dipilih partainya. Makanya kita lihat hasil kerjanya," tambah Ismet Roni.

Caleg pun bisa datang dari eksternal.  "Semua kita tampung, eksternal pun ada. Tapi ya ketika sudah memutuskan ingin menjadi caleg lewat Golkar, harus sudah memiliki KTA," pungkasnya. 
 

Soal tengat kapan seleksi, 
Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Roni mengatakan, penjaringan caleg diperkirakan dilaksanakan pada tahun ini. Namun, pastinya masih menunggu keputusan dari Ketua DPD I Partai Golkar Lampung Arinal Djunaidi.

"Perkiraanya penjaringan caleg tahun ini. Tapi menunggu keputusan Ketua DPD Pak Arinal Djunaidi," ujarnya, Selasa 5 Juli 2022. (matmbilung, inilampungcom)

LIPSUS